[HOAKS] Daun Mimba Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19

Kompas.com - 22/09/2020, 12:54 WIB
Ilustrasi hoaks KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa tanaman mimba atau intaran (neem leaves) dapat menyembuhkan virus corona.

Pulmonolog menyatakan informasi itu tidak benar. Sementara, Kementerian Kesehatan Malaysia memasukkan informasi itu sebagai mitos.  

Adapun, badan kesehatan dunia WHO menyatakan, sampai saat ini tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun, termasuk dua akun di Twitter mengunggah narasi bahwa daun mimba berkhasiat untuk menyembuhkan virus corona.

Akun Twitter @LTVRajesh pada Senin (21/9/2020) menulis, teh herbal yang terbuat dari rebusan daun mimba bisa melenyapkan virus corona.

Berikut isi statusnya yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia:

"Rebus daun mimba dan bubuk kunyit dan pacha karpooram dalam air selama 15 menit, saring dan minum satu sendok teh di pagi hari dan satu sendok teh di malam hari, teh herbal terbaik ini bisa menyembuhkan virus corona."

Sementara, akun Twitter @IronSuppliers pada Senin (14/9/2020) menulis juga manfaat daun mimba. Ini isi twit-nya dalam Bahasa Indonesia:

"Ambil daun mimba dengan setetes chuna (jeruk nipis) dalam keadaan perut kosong dan setelah 2-5 menit ambil segelas air panas. Jangan minum apapun setelah ini selama 30 menit. Obat yang bagus untuk Corona."

Manfaat daun mimba untuk menyembuhkan Covid-19 pernah menjadi narasi di media sosial beberapa bulan silam. Manfaat daun mimba yang juga disebut daun semambu ini dibungkus dalam kisah kesembuhan pasien positif Covid-19 di Malaysia.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X