Kisah Rayhan Diterima di UI, UNS, Unpad, dan Binus Setelah Gagal SNMPTN dan SBMPTN

Kompas.com - 14/09/2020, 13:00 WIB
Rayhan Danendra Wiracalosa saat mengikuti ajang International Olympiad of Metropolises 2019 di Moscow, Rusia. istimewaRayhan Danendra Wiracalosa saat mengikuti ajang International Olympiad of Metropolises 2019 di Moscow, Rusia.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan dengan narasi seorang juara olimpiade internasional yang gagal lolos SNMPTN dan SBMPTN viral di media sosial sejak diunggah pada 28 Agustus 2020.

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @wiracalosa. Dia sebelumnya pernah meraih juara olimpiade internasional.

Rayhan Danendra Wiracalosa, pemilik akun itu, membagikan kisahnya saat gagal melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Selain gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, Rayhan juga mendapat cobaan ketika sang ayah meninggal dunia karena stroke.

Walau begitu, Rayhan tak langsung menyerah dan berputus asa karena bertubi-tubi mendapatkan cobaan. 

Apa yang membuat Rayhan tidak menyerah?

Baca juga: Viral, Kisah Juara Olimpiade Internasional Gagal SNMPTN dan SBMPTN, Bagaimana Akhirnya?

Berserah diri kepada Yang Kuasa

Setelah dinyatakan gagal di SNMPTN dan SBMPTN, ditambah lagi masih dalam suasana berkabung setelah meninggalnya sang ayah, Rayhan berserah diri kepada Sang Kuasa.

Ia sempat berpikir bahwa Sang Kuasa sangat mudah membalikkan keadaan manusia dari titik tertinggi (kebahagiaan) menjadi titik terendah (ujian dari Tuhan).

Namun, Rayhan juga berpikir bahwa Tuhan juga akan mudah membalikkan kondisi seseorang dari titik terendah menjadi titik tertinggi.

"Alhamdulillah, saya diberi ujian. Berarti Tuhan masih memperhatikan saya. Saya percaya pasti akan ada kebahagiaan yang datang ke saya," jelas Rayhan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/9/2020).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X