Hari Ini dalam Sejarah: Helikopter Praktis Pertama Diterbangkan

Kompas.com - 14/09/2020, 10:55 WIB
Perangko bergambar helikopter VS-300 dan Igor Sikorsky ShutterstockPerangko bergambar helikopter VS-300 dan Igor Sikorsky

KOMPAS.com - Hari ini, 81 tahun lalu, tepatnya 14 September 1939, helikopter praktis pertama di dunia, VS-300, diterbangkan di Stratford, Connecticut, oleh Igor Sikorsky.

Helikopter ini didesain oleh Igor sendiri dan dibangun oleh Vought-Sikorsky Aircraft Division dari United Aircraft Corporation.

Selama kariernya, Igor memang selalu bersikeras untuk melakukan uji coba penerbangan pertama dari setiap desain barunya.

Melansir Connecticut History, VS-300 merupakan helikopter pertama yang menggabungkan rotor utama tunggal dan desain rotor ekor.

Penerbangan helikopter ini oleh Igor pada 14 September ini hanya berlangsung selama beberapa detik.

Konsep dari VS-300 pun menjadi dasar produksi helikopter dan standar pembuatan helikopter di dunia. 

Pada 27 Juni 1931, Igor mengajukan permohonan paten untuk pesawat yang secara langsung dapat terangkat dari tanah. Paten ini mencakup seluruh fitur teknik utama dari VS-300.

Paten pun diberikan pada 19 Maret 1935.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Bom Meledak di Bursa Efek Jakarta

Pengembangan VS-300

Melansir Britannica, VS-300 merupakan hasil dari periode pengembangan yang lama oleh Igor Sikorsky dan pertama kali diuji coba pada 1939.

Pada dasarnya, pesawat uji coba didesain untuk modifikasi yang mudah dan cepat.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X