Hari Ini dalam Sejarah: Bom Meledak di Bursa Efek Jakarta

Kompas.com - 13/09/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi bom ShutterstockIlustrasi bom

KOMPAS.com - Hari ini 20 tahun lalu, tepatnya 13 September 2000, bom meledak di gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Diberitakan Harian Kompas, Kamis (14/9/2000), sebanyak 10 orang tewas dan 34 orang luka-luka karena bom tersebut. Ada yang tewas di lokasi, ada pula yang di rumah sakit.

Korban tewas akibat luka bakar, menghirup asap, dan tersengat udara panas. Sejumlah korban tewas itu ditemukan di dalam kendaraan yang terparkir, sebagian lainnya tergeletak di lantai.

Dalam kejadian tersebut, tercatat dua mobil terbakar dan sekitar 20 lainnya rusak.

Peristiwa tragis yang mengejutkan warga Ibu Kota itu terjadi persis sehari menjelang persidangan Presiden Kedua RI Soeharto.

Kepala Direktorat Reserse Polda Metro Jaya Senior Superintendent Harry Montolalu memastikan ledakan berasal dari sebuah mobil yang diparkir di lantai P2 yang saat itu dipadati sekitar 400 kendaraan.

Baca juga: Benarkah Posisi Sujud Bisa Membantu Redakan Sesak Napas?

Kondisi saat ledakan

Pada hari itu, sejak pukul 10.00 WIB listrik sering mati. Pemadaman listrik di gedung BEJ terjadi hingga 8 kali.

Ledakan terjadi pada 15.20 WIB di lantai parkir P2 Gedung BEJ, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Asap tebal berwarna hitam pekat membumbung dari Gedung BEJ. Kepanikan pun menyergap para karyawan yang berkantor di Gedung BEJ.

Mereka berlarian untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan tangga darurat, termasuk ibu hamil. Asap hitam pekat juga membubung dari lantai parkir.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X