Inggris Kembangkan Robot untuk Temani Lansia di Panti Jompo

Kompas.com - 11/09/2020, 18:35 WIB
Ilustrasi robot. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAIlustrasi robot.

KOMPAS.com - Perlahan-lahan robot masuk ke dunia manusia dan berinteraksi dengan manusia.

Dalam kondisi pandemi, robot dapat membantu mengurangi interaksi manusia sehingga tidak menimbulkan penyebaran infeksi virus corona yang luas.

Dilansir The Guardian, Senin (7/9/2020), robot yang dapat melakukan percakapan sederhana dan mempelajari minat orang-orang akan ditempatkan di beberapa rumah perawatan atau panti jompo di Inggris.

Robot beroda itu dinamai "Pepper". Dia dapat bergerak secara mandiri dan memberi isyarat dengan lengan robotik.

Para robot dirancang untuk menjadi kompeten secara budaya, yang berarti setelah beberapa program awal, mereka belajar tentang minat dan latar belakang penghuni panti jompo.

Hal itu memungkinkan robot untuk memulai percakapan (walau belum sempurna), memainkan musik favorit para penghuni panti jompo, mengajari mereka bahasa, dan menawarkan bantuan praktis termasuk pengingat obat.

Baca juga: Demi Reputasi, Otoritas Kesehatan Australia Sembunyikan Daftar Panti Jompo Terinfeksi Covid-19

Hal tersebut merupakan bagian dari penelitian. Pimpinan peneliti Dr Chris Papadopoulos dari University of Bedfordshire mengatakan uji coba itu tidak dimaksudkan untuk mengeksplorasi penggantian penjaga manusia dengan robot.

Penelitian itu untuk membantu mengisi masa-masa kesepian para lansia, karena luasnya sistem perawatan, sementara para staf tidak memiliki waktu banyak untuk menemani para lansia.

Uji coba sebelumnya dilakukan di Inggris dan Jepang. Proyek penelitian itu senilai 2,3 juta euro didanai komisi Eropa dan pemerintah Jepang.

Para peneliti menemukan lansia di panti jompo berinteraksi dengan robot hingga 18 jam selama dua minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam kesehatan mental mereka.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X