BI Masih Layani Penukaran Uang Rp 75.000: Stok Masih Banyak

Kompas.com - 09/09/2020, 20:01 WIB
Shabrina dan Irwan Ridwan sesaat setelah menukarkan uang pecahan baru Rp 75.000. KOMPAS.com/RENI SUSANTIShabrina dan Irwan Ridwan sesaat setelah menukarkan uang pecahan baru Rp 75.000.

KOMPAS.com - Uang kertas edisi HUT ke-75 Indonesia dengan nominal Rp 75.000 sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2020 kini mulai ramai dijual di situs jual beli online.

Penelusuran Kompas.com, Rabu (9/9/2020), harganya di situs jual beli online berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tangkapan layar uang 75.000 di market placeNur Fitriatus Shalihah Tangkapan layar uang 75.000 di market place
Di Shopee misalnya, paling mahal dijual dengan harga Rp 2,5 juta.

Sementara itu, di Bukapalak pada 19 Agustus lalu bahkan dijual hingga Rp 50 juta.

Terkait itu, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menganjurkan masyarakat menukarkan langsung ke BI.

"Kami menghimbau masyarakat untuk menukarkan ke BI apabila ingin memiliki UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia)," kata Junanto kepada Kompas.com, Rabu (9/9/20

Dia mengimbau untuk menukarkan di BI karena masyarakat bisa mendapatkan uang itu dengan harga yang sama, yaitu Rp 75.000.

Masih banyak

Junanto menambahkan, BI juga mencetak dalam jumlah banyak, yaitu 75 juta lembar. Meski tak merinci, dia memastikan stok uang Rp 75.000 masih banyak.

"Masih banyak dan cukup. Hingga saat ini jumlahnya masih banyak dari jumlah 75 juta bilyet atau lembar yang dicetak," ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat juga bisa menukarkan dengan cara kolektif atau bersama-sama untuk memudahkan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X