Dari Bentara Budaya hingga Pasar Yakopan, Kontribusi Jakob Oetama untuk Kesenian dan Kebudayaan Yogyakarta

Kompas.com - 09/09/2020, 17:20 WIB
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Arsip Kompas GramediaPendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama

 

KOMPAS.com - Salah satu pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88) meninggal dunia di Rumah Sakit Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.

Kisah perjalanan Jakob berawal dari seorang guru hingga menjadi sosok penting dalam dunia jurnalisme Indonesia.

Ia mengembangkan nilai-nilai jurnalisme yang relevan dengan perkembangan zaman. 

Atas berbagai perannya dan nilai yang dianut, Jakob telah memperoleh sejumlah penghargaan dalam berbagai bentuk.

Salah satu jenis penghargaan yang membuat Jakob Oetama terharu saat menerimanya adalah Pasar Yakopan.

Baca juga: Humanisme dan Prinsip Moderasi Jakob Oetama dalam Membangun Kompas Gramedia

Dari Yogya untuk Jakob Oetama

Wiyono saat mengikuti pameran di acara Pasar Yakopan di Bentara Budaya YogyakartaKOMPAS.com/Wijaya Kusuma Wiyono saat mengikuti pameran di acara Pasar Yakopan di Bentara Budaya Yogyakarta

Melansir Harian Kompas, Selasa (23/10/2007), Pasar Yakopan pertama kali diuncurkan dalam peringatan 25 tahun Bentara Budaya Yogya (BBY) oleh kurator BBY Sindhunata. 

Nama Pasar Yakopan ini sengaja diambil dari nama Jakob Oetama yang oleh para seniman Yogya dinilai telah memberi kontribusi besar terhadap keberadaan kesenian dan kebudayaan di kota tersebut.

"Pasar Yakopan bisa kami gelar empat kali dalam setahun. Kalau dulu BBY selalu melaksanakan Syawalan, mulai tahun ini kami akan menggelar Pasar Yakopan," kata Sindhunata seperti dikutip Harian Kompas, 23 Oktober 2007.

Saat itu, sebagai penanda kehadiran pesta seniman ini, para perupa Yogyakarta seperti Djoko Pekik, Nasirun, dan Putu Sutawijaya menghadiahkan hasil kolaborasi kanvas mereka kepada Jakob Oetama.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X