Kapan Insentif Kartu Prakerja Gelombang 6 Cair?

Kompas.com - 07/09/2020, 14:28 WIB
ilustrasi uang Thinkstockilustrasi uang

KOMPAS.com - Penerima Kartu Prakerja gelombang 6 telah diumumkan pada Kamis (3/9/2020).

Dari 1,76 juta pendaftar gelombang 6, sebanyak 800.000 orang dinyatakan lolos dan berhak menerima Kartu Prakerja.

Jika ditotal sejak gelombang 1-6, sudah ada sekitar 3 juta penerima Kartu Prakerja.

Para penerima ini merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini, para penerima Kartu Prakerja gelombang 6 memiliki waktu satu bulan untuk mengembangkan diri melalui pelatihan yang telah disediakan.

Lantas, kapan insentif akan cair?

Dalam laman resmi Prakerja.go.id, disebutkan ada dua jenis intensif yang akan diberikan, di luar bantuan pelatihan.

Pertama, intensif pelatihan yang besarannya sesuai dengan anggaran tahun 2020, yaitu Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Kedua, insentif survei keberkerjaan yang besarannya untuk anggaran tahun 2020, yaitu Rp 50.000 per survei (akan ada 3 survei).

Baca juga: Pemerintah Kaji Penambahan Nominal Bantuan Tunai hingga Kartu Prakerja

Insentif pelatihan akan cair jika penerima Kartu Prakerja telah menyelesaikan pelatihan dan ditandai dengan adanya serifikat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X