Kompas.com - 01/09/2020, 19:14 WIB
Perawat mengenakan alat pelindung diri (APD) menangani pasien di Poli Pinere RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (09/07) ANTARA FOTO/FB AnggoroPerawat mengenakan alat pelindung diri (APD) menangani pasien di Poli Pinere RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (09/07)

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 telah mengganggu layanan kesehatan penting di hampir setiap negara, menurut survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Gangguan tersebut paling banyak dirasakan oleh negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Kndisi ini kemungkinan akan menambah beban kesehatan masyarakat tambahan untuk jumlah korban dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona, kata WHO. 

90 persen

Dilansir laman WHO, survei indikatif yang diterbitkan 31 Agustus itu berisi tentang dampak Covid-19 pada sistem kesehatan berdasarkan laporan 105 negara.

Data tersebut dikumpulkan dari Maret hingga Juni 2020. Hasilnya hampir setiap negara atau 90 persen negara mengalami gangguan pada layanan kesehatannya.

"Survei ini menyoroti celah dalam sistem kesehatan kita, tetapi juga berfungsi untuk menginformasikan strategi baru untuk meningkatkan penyediaan perawatan kesehatan selama pandemi dan seterusnya," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

Baca juga: WHO: Wabah Virus Corona Belum Berakhir, Negara Tak Boleh Berpura-pura

 

"Covid-19 seharusnya bisa pelajaran bagi semua negara bahwa kesehatan bukanlah persamaan 'salah satu atau'. Kita harus lebih mempersiapkan diri untuk keadaan darurat tetapi juga terus berinvestasi dalam sistem kesehatan yang sepenuhnya menanggapi kebutuhan orang sepanjang kehidupan," kata dia. 

Dikutip VOA, Selasa (1/9/2020) di antara 105 negara yang menanggapi survei, 90 persen melaporkan setidaknya gangguan di setidaknya satu dari 25 layanan penting.

Lebih dari separuh melaporkan gangguan dalam diagnosis dan pengobatan kanker. Sementara program malaria terdampak di hampir setengah negara.

Sementara itu tuberkulosis terdampak di lebih dari dua perlima dan pengobatan HIV di sepertiga negara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.