Studi: 75 Persen Kematian akibat Corona Dialami Pasien dengan Demensia

Kompas.com - 01/09/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi demensia atau pikun Ilustrasi demensia atau pikun

KOMPAS.com - Laporan rutin terbaru dari London School of Economics and University College London menunjukkan seperempat kasus kematian akibat virus corona di Inggris dan Wales dialami pasien dengan demensia.

Sementara, persentase kematian Covid-19 dengan kondisi demensia adalah sebesar 31 persen dan di Italia 19 persen.

Dilansir The Guardian, Selasa (1/9/2020), penelitian tersebut mengungkapkan hingga 75 persen kematian yang terjadi secara global di fasilitas perawatan adalah pasien yang memiliki demensia

Data-data dalam penelitian tersebut diperbarui secara berkala di sembilan negara, yaitu Inggris, Spanyol, Irlandia, Italia, Australia, Amerika Serikat (AS), India, Kenya, dan Brazil.

Studi tersebut mengungkapkan usia merupakan faktor risiko terbesar demensia dan orang-orang lanjut usia untuk menjadi kelompok berisiko terpapar virus corona.

Data menunjukkan, 86 persen dari seluruh kematian Covid-19 terjadi pada orang-orang berusia 65 ke atas.

Organisasi Penyakit Internasional Alzheimer (ADI) menyatakan masyarakat global harus membentuk sebuah rencana aksi untuk melindungi orang-orang dengan demensia.

Baca juga: Strain Virus Corona yang Lebih Menular Terdeteksi di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan?

Selain itu, data-data terkait tingkat kematian Covid-19 yang tinggi sangat diperlukan secara lengkap dan terbaru.

"Kami butuh transparansi. Pemerintah harus memasukkan demensia ke dalam rencana respons Covid-19 untuk melindungi jutaan orang yang terkena dampak demensia secara global," kata Kepala Eksekutif ADI, Paola Barbarino.

Menurut dia, data-data yang muncul, termasuk temuan dari laporan LSE dan UCL ini menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan. Untuk itu, pemerintah perlu untuk segera bertindak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X