Begini Media Asing Beritakan Erupsi Gunung Sinabung Hari Ini

Kompas.com - 10/08/2020, 20:39 WIB
Tangkapan layar headline South China Morning Post tentang erupsi Gunung Sinabung hari ini, 10 Agustus 2020 screenshootTangkapan layar headline South China Morning Post tentang erupsi Gunung Sinabung hari ini, 10 Agustus 2020

KOMPAS.com - Sejumlah media asing ikut memberitakan erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Senin (10/8/2020).

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terjadi setidaknya dua kali, yaitu pada pukul 10.16 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5000 m di atas puncak atau 7460 m di atas permukaan laut.

Berselang sejam pukul 11.17 WIB terjadi erupsi susulan dengan tinggi kolom abu teramati 2000 m di atas puncak atau 4460 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 2246 detik.

Baca juga: Gunung Sinabung Meletus, Ini Rekomendasi PVMBG

Media Hong Kong South China Morning Post yang mengutip dari kantor berita AP menuliskan bahwa letusan tersebut memuntahkan abu panas ribuan meter ke udara.

"Sinabung adalah satu di antara lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia, yang rentan terhadap pergolakan seismik karena lokasinya di 'Cincin Api' Pasifik," tulis SCMP.

Sedangkan DW yang berbasis di Jerman mengutip dari Reuters dan menuliskan letusan Sinabung pada Senin menjadi letusan kedua sejak Sabtu.

“Situasi di sekitar Gunung Sinabung sekarang sangat gelap,” kata Gilbert Sembiring, yang sedang mengunjungi seorang teman di dekat gunung tersebut saat letusan Senin terjadi.

"Itu lebih besar dari letusan beberapa hari lalu," kata dia lagi.

Media yang dibentuk sejak 1953 itu menulis, Gunung Sinabung sudah tidak aktif selama berabad-abad hingga meletus lagi pada tahun 2010.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X