Gunung Sinabung Meletus, Ini Rekomendasi PVMBG

Kompas.com - 10/08/2020, 12:39 WIB
Letusan Sinabung (10/8/2020) pukul 10.16 WIB Dok. PVMBGLetusan Sinabung (10/8/2020) pukul 10.16 WIB

KOMPAS.com -  Kepala Pusat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani membenarkan telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung meletus pada Senin (10/8/2020), pukul 10.16 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara," kata Kasbani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin.

Ia mengatakan, saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) sejak Mei 2019.

Pasca-letusan ini, PVMBG memberikan sejumlah rekomendasi kepada masyarakat.

Pertama, masyarakat sekitar dan pengunjung/wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dan lokasi dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Baca juga: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 2.000 Meter dari Puncak


Selain itu, radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Kedua, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker jika keluar rumah.

Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan rumah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X