Mengapa Kucing Bersemangat Mengejar Sinar Laser?

Kompas.com - 03/08/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi kucing mengejar sinar laser ShutterstockIlustrasi kucing mengejar sinar laser

KOMPAS.com - Pemilik kucing tentunya sudah tidak asing lagi dengan tingkah hewan kesayangan mereka yang mendadak sangat aktif begitu melihat sorot sinar laser.

Kucing bisa dengan bersemangat mengejar sinar laser, mengikuti tiap gerakannya, bahkan berlarian di dalam ruangan agar bisa menangkapnya. Meski, tentu saja itu tidak akan terjadi.

Namun, apa sebab kucing begitu tertarik dengan sinar laser?

Jawabannya, karena pergerakan sinar laser merepresentasikan apa yang dianggap oleh kucing sebagai hewan buruan.

Walaupun kucing peliharaan umumnya sudah diberi makan oleh pemiliknya, namun bukan berarti mereka hewan pemalas.

Melansir The Spruce Pets, Senin (3/8/2020), kucing menganggap sinar laser yang digerak-gerakkan sebagai hewan kecil yang mencoba kabur dan bersembunyi.

Hal ini kemudian membangkitkan insting predator pada kucing, yakni insting untuk memburu, menerkam, dan memangsa buruannya.

Kucing tidak bisa membedakan apakah laser yang ia kejar adalah mangsa sungguhan atau bukan. Sebab, pergerakan mereka ketika mengejar laser terjadi secara naluriah.

Baca juga: Pertama Kalinya Kucing Peliharaan di Inggris Dites Positif Covid-19

Faktor mata

Selain karena insting predator, faktor lain yang turut berperan adalah fakta bahwa sinar laser terlihat menarik di mata kucing.

Mengapa demikian? Untuk memahaminya, perlu diketahui terlebih dahulu cara mata kucing bekerja dan perbedaannya dengan mata manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X