Hari Ini dalam Sejarah: Komposer Johann Sebastian Bach Meninggal Dunia

Kompas.com - 28/07/2020, 12:02 WIB
Monumen Johann Sebastian Bach di Leipzig, Jerman. Monumen ini didirikan sejak 1908 di depan Gereja St Thomas Kirche, tempat Bach dimakamkan. ShutterstockMonumen Johann Sebastian Bach di Leipzig, Jerman. Monumen ini didirikan sejak 1908 di depan Gereja St Thomas Kirche, tempat Bach dimakamkan.

KOMPAS.com - Hari ini 270 tahun yang lalu, tepatnya 28 Juli 1750, komposer musik klasik Johann Sebastian Bach meninggal dunia di Leipzig, Jerman, karena penyakit stroke yang dideritanya.

Bach dikenal sebagai salah satu komposer musik klasik terhebat sepanjang masa. Hidup di era Baroque, karya-karyanya dipuji karena kompleksitas dan inovasi yang berkelas.

Beberapa karya Bach yang terkenal antara lain, Air on G String, Bradenburg Concertos, Toccata and Fugue in D minor, Mass in B Minor, Bradenburg Concertos, dan Well-Tempered Clavier.

Melansir Biography, Bach lahir di Eisenach, Thuringia, Jerman pada 31 Maret 1685. Bach lahir dari keluarga musisi.

Sang ayah, Johann Ambrosius Bach, bekerja sebagai direktur musik di Eisenach, dan semua pamannya merupakan pemusik profesional.

Bach kecil diajari oleh ayahnya bermain Biola dan Harpsichord. Adapun kakak tertuanya, Johann Christoph Bach, mengajarinya Clavichord, dan memperkenalkannya dengan musik kontemporer.

Pada 1694, ibu Bach, Maria Elisabeth Laemmerhirt meninggal dunia, dan Johann Ambrosius Bach menyusul istrinya delapan bulan kemudian.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Mengenang Peristiwa Kudatuli, Sabtu Kelam 27 Juli 1996...

Belajar di sekolah prestisius

Bach yang berusia 10 tahun kemudian tinggal bersama Christoph Bach di Ohrdruf, Saxe-Gotha-Altenburg di mana sang kakak menjadi pemain organ di sana.

Di sana, Bach mulai belajar segala jenis musik. Christoph juga mengenalkannya kepada komposer Jerman Selatan seperti Johann Pachelbel, maupun Utara seperti Johann Jakob Froberger.

Selain musik, Bach juga mempelajari teologi, bahasa Latin, Perancis, Yunani, dan Italia di sebuah sekolah lokal di Ohrdruf.

Pada 3 April 1700, Bach dan teman sekolahnya Georg Erdmann diterima bersekolah di sekolah prestisius Santo Michael di Lueneburg.

Selama dua tahun bersekolah di Lueneburg, Bach mendapat akses ke Gereja Santo Yohanes sehingga bisa memainkan organ mereka yang dikenal berkualitas.

Segera saja, bakat Bach mendapat pengakuan dari gurunya, Georg Boehm, dan ia berkesempatan pergi ke Hamburg untuk melihat permainan organ terbaik musisi Jerman Utara, Johann Adam Reincken.

Pemuda cakap yang arogan

Johann Sebastian Bachhttps://www.allmusic.com/artist/johann-sebastian-bach-mn0000075140/biography Johann Sebastian Bach
Karier Bach dimulai pada Januari 1703 setelah lulus dari Santo Michael. Bach diterima untuk bekerja sebagai musisi kamar di kapel Adipati Johann Ernst III di Weimar.

Selama tujuh bulan bekerja di Weimar, reputasinya sebagai musisi membuat Bach diundang untuk memeriksa organ baru, sekaligus memberi resital di Gereja Baru (sekarang Gereja Bach) Arnstadt.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X