Kompas.com - 11/07/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier. SHUTTERSTOCKIlustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier.

KOMPAS.com - Seekor anjing di Texas Utara dinyatakan positif Covid-19, sekaligus menjadi anjing pertama di Texas yang dinyatakan positif.

Komisi Kesehatan Hewan Texas mengatakan bahwa anjing tersebut menjalani tes Covid-19 sebagai tindakan pencegahan setelah pemiliknya dikonfirmasi tertular virus corona.

Seusai menjalani pemeriksaan, anjing berusia dua tahun yang tinggal di Tarrant County itu masih dalam kondisi sehat, walau berstatus positif Covid-19.

Bukan ancaman

Melansir Forbes (11/7/2020) para ahli sebenarnya tidak merekomendasikan hewan untuk menjalani tes Covid-19, selain itu hewan peliharaan juga tidak dianggap sebagai ancaman utama untuk menyebarkan penyakit ini.

"Berdasarkan informasi saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan memainkan peran penting dalam menyebarkan SARS-CoV-2 kepada orang-orang," kata Dr. Andy Schwartz, Dokter Hewan Negara Bagian Texas.

Hal serupa juga diungkapkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC). TAHC dan CDC tidak merekomendasikan pengujian Covid-19 secara rutin untuk hewan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, mereka menyarankan pemilik hewan peliharaan yang dinyatakan positif Covid-19 untuk membatasi kontak dengan hewan peliharaan mereka dan hewan lain.

Kontak ini termasuk mengelus, berbagi makanan, atau tidur di ranjang yang sama.

Pemilik hewan peliharaan yang mengidap Covid-19 dan masih perlu merawat hewan peliharaan mereka, harus mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum serta sesudah interaksi dengan hewan.

"Jika hewan peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi pernapasan, berkonsultasilah dengan dokter hewan Anda sehingga mereka dapat memastikan apakah hewan tersebut terkena penyakit pernapasan biasa atau terinfeksi SARS-CoV-2," kata juru bicara TAHC.

Baca juga: INFOGRAFIK: Macam-macam Penularan Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.