Kajian Terbaru WHO: Bukti-bukti yang Menunjukkan Transmisi Virus Corona Melalui Udara

Kompas.com - 10/07/2020, 11:53 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi merilis pernyataan mengenai virus corona dapat menyebar melalui udara.

Pernyataan resmi WHO dipublikasi melalui laman WHO, Kamis (9/7/2020).

Dalam penjelasannya, WHO menyebutkan, penularan melalui udara diartikan sebagai penyebaran infeksi yang disebabkan oleh inti tetesan ( aerosol) dan bisa menular ketika melayang di udara dalam jarak serta waktu yang lama.

WHO bersama dengan para ilmuwan telah mendiskusikan dan mengevaluasi apakah SARS-CoV-2 juga dapat menyebar melalui erosol tanpa adanya prosedur yang menghasilkan aerosol, teruma dalam ruangan berventilasi buruk.

Menurut WHO, udara yang dihembuskan oleh penderita Covid-19 memungkinkan transmisi virus melalui aerosol.

Teori tersebut menunjukkan bahwa sejumlah tetesan pernapasan menghasilkan aerosol mikroskopis ketika menguap, bernapas, dan berbicara.

"Dengan demikian, seseorang dapat terinfeksi virus ketika menghirup aerosol yang memiliki proporsi cukup untuk menyebabkan infeksi," demikian pernyataan WHO, seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi WHO, Jumat (10/7/2020).

Namun, belum diketahui secara pasti berapa banyak proporsinya untuk bisa menginfeksi orang lain.

Baca juga: Ada Bukti Virus Corona Menyebar di Udara, Ini yang Harus Kita Waspadai

Studi eksperimental

Dalam sebuah studi eksperimental, ditemukan bahwa orang yang sehat dapat menghasilkan aerosol melalui batuk dan berbicara.

Penelitian itu mengukur jumlah tetesan berbagai ukuran yang tetap berada di udara selama berbicara normal.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X