Hari Ini dalam Sejarah: Peluncuran Satelit Komunikasi Pertama di Dunia

Kompas.com - 10/07/2020, 09:35 WIB
Peluncuran Telstar 1 menggunakan roket Thor-Delta di Cape Canaveral pada 10 Juli 1962. Dok. NASA/www.nasa.govPeluncuran Telstar 1 menggunakan roket Thor-Delta di Cape Canaveral pada 10 Juli 1962.

KOMPAS.com - Hari ini, 58 tahun yang lalu, tepatnya pada 10 Juli 1962, satelit komunikasi pertama di dunia, Telstar, diluncurkan ke luar angkasa.

Peluncuran Telstar menandai kehadiran era baru dalam perkembangan komunikasi dan penyampaian informasi.

Setelah Telstar berhasil diluncurkan, gelombang siaran televisi berhasil disiarkan.

Kebutuhan informasi

Seperti diberitakan Kompas.com (10/7/2018) teknologi satelit dirancang karena kebutuhan manusia akan komunikasi dan informasi yang semakin meningkat.

Sebelumnya, siaran televisi atau komunikasi dipancarkan melalui menara pemancar atau sambungan telepon.

Namun, ketika mencapai laut, sinyal-sinyal tersebut akan hilang. Hal ini kemudian memunculkan kendala dalam hal kecepatan penyampaian informasi.

Amerika Serikat menyadari akan pentingnya kecepatan dalam komunikasi dan informasi sehingga dicapai kesepakatan untuk meluncurkan satelit.

Satelit pertama itu bernama Telstar, yang dirancang atas kerja sama badan penyiaran Amerika, A&T, Bell Laboratories, NASA, British General Post Office, French National Post, Telegraph, dan Telecom Office.

Baca juga: Melihat Dunia setelah Telstar I Diorbitkan pada 10 Juli 1962...

Telstar diluncurkan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X