29 Juni 2007, iPhone Pertama Dirilis

Kompas.com - 29/06/2020, 09:35 WIB
iPhone 2007 ShutterstockiPhone 2007

KOMPAS.com - Hari ini 13 tahun lalu, tepatnya 29 Juni 2007, ponsel pintar pertama Apple Inc., iPhone, mulai dijual dan menjadi pelopor industri ponsel pintar.

iPhone menggabungkan telepon seluler, kamera digital, pemutar musik, dan teknologi komputasi personal dalam satu gawai yang nyaman digenggam.

Melansir Britannica, Apple merancang ponsel pintar pertamanya untuk bisa menjalankan sistem operasi Mac OS X, sistem yang juga digunakan pada produk personal computer (PC) milik Apple, Mac.

Elemen paling revolusioner dari iPhone adalah antarmuka multisensor yang peka sentuhan.

Layar sentuh memungkinkan pengguna untuk memanipulasi semua program dan fungsi telepon dengan ujung jari mereka tanpa stylus atau tombol fisik.

Antarmuka ini menciptakan pengalaman yang berbeda, misalnya pengguna dapat mengecilkan foto dengan gerakan mencubit atau membalik-balik album musik menggunakan gerakan menjentik.

iPhone juga menyertakan fitur internet browsing, pemutaran musik dan video, kamera digital, pesan suara visual, dan daftar kontak tab.

Karena desainnya yang inovatif, iPhone mendapat penghargaan "Invention of the Year" pada tahun 2007 oleh Majalah Time.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Mike Tyson Gigit Telinga Holyfield Saat Bertanding

Terus berkembang

Pada 2008, Apple merilis versi kedua iPhone yang telah diperbarui untuk menggunakan teknologi nirkabel generasi ketiga (3G).

Seperti halnya iPhone generasi pertama, permintaan untuk produk ini sangat tinggi, dan iPhone 3G berhasil terjual satu juta unit dalam tiga hari pertama setelah dirilis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X