[POPULER TREN] Amankah Naik Pesawat Saat Pandemi? | Dua Kandidat Vaksin Virus Corona

Kompas.com - 29/06/2020, 05:39 WIB
Ilustrasi disinfeksi di pesawat pada masa pandemi virus corona ShutterstockIlustrasi disinfeksi di pesawat pada masa pandemi virus corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus penumpang pesawat diketahui positif Covid-19 kembali terjadi.

Terbaru, seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Sorong positif Covid-19. Hal itu diketahui dari dokumen hasil tes swab yang dibawanya.

Belum diketahui bagaimana ia bisa lolos terbang berbekal dokumen positif Covid-19.

Sebelumnya, kasus yang sama terjadi saat dua penumpang yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, juga positif infeksi virus corona.

Dengan adanya kasus-kasus seperti ini, amankah bepergian naik pesawat? Berita mengenai hal ini menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca di laman Tren pada Minggu (28/6/2020) hingga Senin (29/6/2020) pagi ini.

Selengkapnya, berikut beberapa berita populer Tren:

1. Ada penumpang positif Covid-19, amankah naik pesawat?

Meski sudah disyaratkan membawa hasil negatif berdasarkan rapid test 
dan swab test, namun masih ditemukan penumpang yang positif Covid-19 bisa naik pesawat. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terjadinya penularan pada penumpang yang lain.

Amankah naik pesawat saat pandemi virus corona seperti saat ini?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Emory University, Atlanta, melakukan permodelan bagaimana penumpang dan kru bergerak saat pesawat terbang serta bagaimana pengaruhnya pada transmisi penyakit menular.

Dari permodelan itu, para peneliti menyimpulkan bahwa penyakit infeksi pernapasan yang menyebar oleh tetesan (aerosol) tidak mungkin ditularkan secara langsung lebih dari satu meter dari penumpang yang terinfeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X