Kereta Prameks Akan Pensiun, Ini Sejarahnya dari 1960 hingga Kini

Kompas.com - 27/06/2020, 12:20 WIB
Kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOKereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta.

KOMPAS.com - Baru-baru ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kereta rel listrik (KRL) Solo-Jogja segera beroperasi.

"Kami sedang membangun elektrifikasi dari Jogja ke Solo. Secara bertahap akan kami operasikan," kata Direktur Jenderal Perkeretaappian Kemenhub Zulfikri di Solo, Jumat (26/6/2020), dikutip dari Antaranews.

Direncanakan KRL tersebut akan mulai beroperasi pada awal Oktober untuk rute Jogja-Klaten. Selanjutnya rute Jogja-Solo kemungkinan dapat dioperasikan pada akhir tahun. 

KRL Solo-Jogja tersebut akan menggantikan Kereta Api (KA) Prambanan Ekspress ( Prameks). Namun Kemenhub belum menyebutkan kepastian waktunya.

Sedangkan mengenai tarifnya, Zulfikri mengatakan direncanakan sama dengan Prameks, karena KRL Solo-Jogja menggantikan Prameks.

Prameks menjadi salah satu topik yang diperbincangkan di Twitter pada Sabtu (27/6/2020) pagi.

Banyak twit yang menceritakan kenangan mereka ketika naik Prameks. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Kabar Baik, KA Prameks Jogja-Solo Akan Diganti KRL

Sejarah Prameks

Dilansir Kompas.com, Jumat (28/9/2018), cikal bakal Prameks adalah kereta lokal rute Solo-Jogja yang beroperasi sejak 1960-an.

Saat itu namanya adalah Kereta Api Kuda Putih. Dinamai demikian karena di kepala kereta terdapat lambang 2 ekor kuda berbentuk hiasan kupu-kupu di atas kabin masinis.

Nama lainnya adalah Turangga Seta. Itu merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) pertama di Indonesia.

Kereta bernomor seri MCDW 300 itu diproduksi oleh pabrikan Jerman sejumlah 7 buah.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X