Ramai soal Uang Koin Kelapa Sawit, Berikut Sejarah hingga Bahan Baku Pembuatannya...

Kompas.com - 18/06/2020, 20:18 WIB
Tangkapan layar uang logam Bank Indonesia Emisi 1993 bergambar kelapa sawit bi.go.idTangkapan layar uang logam Bank Indonesia Emisi 1993 bergambar kelapa sawit

KOMPAS.com - Unggahan terkait uang logam koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit yang dijual dengan harga fantastis viral di media sosial baru-baru ini.

Di salah satu marketplace, ada yang menjual uang logam berwarna dominan putih dan kuning itu dari harga belasan juta, puluhan juta, bahkan ada yang membanderolnya hingga Rp 100 juta.

Salah satu akun yang mengunggah tangkapan layar ini adalah @nenk_update.

Dalam foto tangkapan layar yang dibagikannya terlihat harga Rp 17 juta hingga Rp 20 juta untuk satu koin kelapa sawit keluaran 1993.

Baca juga: Viral, Video Petugas Tol Terbanggi Disebut Paksa Pengguna Bayar dengan Uang Cash, Apa Sebabnya?

Lantas, bagaimana sejarah uang logam pecahan Rp 1.000 tersebut?

Dilansir laman Bank Indonesia, uang logam seribu rupiah gambar kelapa sawit tersebut mempunyai nama asli Uang Logam Bank Indonesia Emisi 1993.

Uang tersebut diterbitkan pada 8 Maret 1993 dan tidak ada penarikan dari BI hingga saat ini. 

Uang yang berbentuk bulat pipih itu beratnya 8,60 gram, dengan tebal 2,40 mm. 

Pada bagian luar diameternya 26 mm, sedangkan dalam diameternya 18 mm.

Untuk warna dominan, pada bagian luar berwarna putih, baik di sisi depan maupun belakang. Sedangkan bagian dalamnya berwarna kuning, baik di sisi depan maupun belakang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X