Studi Baru: Kelompok Usia di Bawah 20 Tahun Lebih Mungkin Terpapar Covid-19

Kompas.com - 16/06/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi virus corona (COVID-19). KemenkesIlustrasi virus corona (COVID-19).

KOMPAS.com - Temuan dalan Jurnal Nature Medicine menjelaskan, orang-orang di bawah usia 20 tahun lebih mungkin terpapar Covid-19 dibandingkan kelompok usia lainnya.

Temuan yang terbit dalam Jurnal Nature Medicine, Selasa (16/6/2020) menunjukkan bahwa empat dari lima anak muda yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala.

Penelitian tersebut dapat memberikan pertimbangan pemerintah dalam menentukan langkah selanjutnya di bawah tekanan untuk membuka kembali sekolah dan perguruan tinggi.

Dikutip dari AFP, Selasa (16/6/2020), para ahli dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine mengembangkan model transmisi Covid-19 berbasis usia berdasarakan data dari enam negara, yaitu China, Italia, Jepang, Singapura, Kanada, dan Korea Selatan.

Baca juga: UPDATE Corona Luwu Utara 16 Juni: 45 Positif, 32 Sembuh, 1 Meninggal Dunia

Mereka juga memperhitungkan penelitian sebelumnya tentang perkiraan tingkat infeksi dan tingkat keparahan gejala.

Peneliti memperkirakan bahwa kelompok usia di bawah 20-an tahun berada pada setengah risiko infeksi virus corona daripada di atas 20-an.

Dalam riset itu, mereka menemukan variasi yang luas dalam kasus-kasus simptomatis yang dikaitkan dengan kelompok usia.

Variasi tersebut adalah 21 persen dari mereka yang berusia 10 hingga 19 tahun cenderung menunjukkan gejala dibandingkan dengan 69 persen dari usai di atas 70-an tahun.

Baca juga: Positif Virus Corona, Istri Presiden Ukraina Masuk Rumah Sakit

Penutupan sekolah hanya sedikit berpengaruh cegah corona 

Para peneliti kemudian melakukan simulasi virus corona di 146 ibu kota di seluruh dunia untuk melihat apa efek penutupan sekolah terhadap penyebaran virus.

Tak seperti wabah influenza yang banyak berkurang saat sekolah ditutup, para peneliti menemukan bahwa pentupan sekolah hanya sedikit berpengaruh dalam menghentikan penyebaran Covid-19.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X