Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif Virus Corona, Istri Presiden Ukraina Masuk Rumah Sakit

Kompas.com - 16/06/2020, 20:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KIEV, KOMPAS.com - Istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Olena Zelenska, dilaporkan masuk rumah sakit setelah positif terinfeksi virus corona.

Menurut keterangan kantor kepresidenan, perempuan berusia 42 tahun itu dalam kondisi stabil, dengan keluarganya juga sudah dites.

Dilaporkan Reuters via New York Post Selasa (16/6/2020), istri Presiden Ukraina sejak 2003 silam itu positif terpapar virus corona pada pekan lalu.

Baca juga: Kondisinya Memburuk karena Covid-19, PM Inggris Boris Johnson Dirawat Intensif

Adapun Volodymyr Zelenska dan suaminya juga sudah mendapatkan pemriksaan Covid-19, di mana hasil mereka bertiga adalah negatif.

Kantor kepresidenan menerangkan, diagnosa Olena Zelenska adalah COVID-19 – bilateral polysegmental pneumonia di mana tingkat keparahannya sedang.

"Dia tidak membutuhkan bantuan oksigen. Kondisinya saat ini stabil," jelas Kiev. Sang suami disebut membatalkan segala agenda setelah istrinya terjangkit.

Ukraina menerapkan lockdown pada Maret untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan awal Mei pemerintah melongarkan sejumlah pembatasan sosuial.

Di antaranya adalah mengizinkan restoran, pusat kebugaran, dan transportasi publik beroperasi. Mulai 15 Juni, penerbangan ke dan dari Ukraina difungsikan.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, negara di kawasan Eropa Timur tersebut mulai melaporkan peningkatan konfirmasi virus corona.

Kenaikan itu utamanya ditengarai karena abainya masyarakat dalam mematuhi imbauan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kami kebingungan memikirkan mitigasi wabah, di tengah pengabaian larangan dari warga," keluh Menteri Kesehatan Maksym Stepanov.

Ukraina mencatatkan 32.476 kasus positif Covid-19, dengan 912 di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: Istri PM Spanyol Positif Virus Corona Setelah Lockdown Diumumkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com