Saat Didi Kempot "Mendamaikan" Campursari dan Pop

Kompas.com - 05/05/2020, 14:28 WIB
Foto dirilis Senin (9/3/2020), memperlihatkan potret penyanyi campursari Didi Kempot di salah satu kamar hotel di Kemayoran, Jakarta. Musik campursari milik Didi Kempot yang hampir semua liriknya bercerita tentang patah hati tengah merasuki kalangan milenial dan mampu menembus lintas generasi. ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGAFoto dirilis Senin (9/3/2020), memperlihatkan potret penyanyi campursari Didi Kempot di salah satu kamar hotel di Kemayoran, Jakarta. Musik campursari milik Didi Kempot yang hampir semua liriknya bercerita tentang patah hati tengah merasuki kalangan milenial dan mampu menembus lintas generasi.

KOMPAS.com - Seorang pemuda berambut sepunggung mengantarkan gadisnya di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah.

Ketika kereta bergerak, si pemuda berlari-lari mengejar, seperti adegan film drama murahan. Satu bocah tukang koran berlari di belakang si pemuda untuk bisa ikut tersorot kamera sambil tertawa.

Itulah adegan video klip "Solo Balapan" oleh penyanyi Didi Kempot, yang albumnya meledak di Jawa Tengah akhir tahun '90-an.

Baca juga: Ojo Mudik hingga Ora Biso Mulih, Lagu Didi Kempot Tentang Virus Corona

Pop Jawa hingga campursari

Musik seperti dicipta dan dibawakan oleh Didi Kempot itu ada yang menyebut " pop Jawa", ada pula yang menyebutnya "campursari".

"Saya kalau dengerin lagu pop Barat itu rasanya kok enak. Enggak ada salahnya saya bikin lagu Jawa, tapi saya masukin pop," kata Didi dalam sebuah wawancara dikutip dari harian Kompas, 18 Agustus 2002.

Menurut Didi, hal inilah yang membuat campursari istimewa.

Baca juga: Kreativitas Didi Kempot dan Pelajaran Filsafat Eksistensi

Campursari versi Didi Kempot pernah dianggap sebagai barang aneh oleh juragan kaset yang dimanja dengan larisnya musik pop atau dangdut.

Modal Rp 6 juta

Pada tahun 1997, dengan modal sekitar Rp 6 juta, Didi merintis dengan merekam album yang diproduseri sendiri.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X