Begini Karantina yang Dilakukan China untuk Mencegah Virus Corona

Kompas.com - 28/03/2020, 19:35 WIB
Aktivitas yang dapat dilakukan selama karantina di rumah karena pandemi virus corona.  EPA-EFE/SUSANNE HASSLER-SMITH  ATTENTION: This Image is part of a PHOTO SET SUSANNE HASSLER-SMITHAktivitas yang dapat dilakukan selama karantina di rumah karena pandemi virus corona. EPA-EFE/SUSANNE HASSLER-SMITH ATTENTION: This Image is part of a PHOTO SET

KOMPAS.com - China melalui Komisi Kesehatan Nasional dan Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional merangkum seluruh upaya menangani virus corona sampai saat ini dalam Panduan Menghadapi Virus Corona RRC.

Panduan yang sudah dibuat hingga edisi ketujuh itu berisi sejumlah upaya pencegahan dan pengedalian virus corona penyebab Covid-19.

Salah satu di antaranya panduan pencegahan dan pengendalian untuk proses karantina yang dilakukan di rumah.

Karantina di rumah penting dilakukan sebagai bentuk social distancing atau physical distancing. Sehingga diharapkan aktivitas itu dapat memutus mata rantai penularan virus corona.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat karantina di rumah:

1. Pengaturan Ruang Bersama

- Orang dengan gejala yang mencurigakan perlu tinggal di kamar sendiri yang berventilasi baik dan menolak semua kunjungan.
- Anggota keluarga harus tinggal di kamar yang berbeda. Jarak kamar setidaknya satu meter dan jika menginap bersama, tidurlah di tempat tidur terpisah jika kondisinya tidak memungkinkan.
- Orang dengan gejala yang mencurigakan harus menghindari kegiatan, membatasi ruang gerak, dan memastikan ruang bersama (seperti dapur dan kamar mandi) memiliki ventilasi yang baik (menjaga jendela tetap terbuka).

Baca juga: Alasan Mengapa Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Baik dari Hand Sanitizer

2. Pengaturan Pengasuh

Pilihlah anggota keluarga yang sehat dan bebas dari penyakit kronis untuk merawat jika ada anggota keluarga yang sakit atau menjadi pasien virus corona.

3. Pencegahan Penularan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X