Canggung Berbicara dengan Orang Asing? Simak 5 Tips Berikut

Kompas.com - 29/02/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kapan terakhir kali berbincang dengan orang yang baru dikenal? Apakah terasa canggung? atau justru menyenangkan?

Tidak jarang, ada hal-hal menarik atau kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh seseorang saat berbincang dengan individu baru. 

Dosen senior di Departemen Psikologi University of Essex, Gillian Sandstrom, mengungkapkan bahwa percakapan dengan orang yang tidak dikenal tidak dapat diprediksi sedari awal. 

"Berbicara dengan orang asing jauh lebih menantang dan berpotensi 'mengintimidasi'  dibandingkan berbicara dengan pasangan, teman baik, keluarga atau orang lain yang telah kita kenal," kata Sandstrom sebagaimana dikutip NBC News.

Meskipun kemungkinan besar akan mengalami kecanggungan, salah bicara, atau hal-hal tidak disangka lainnya, berbicara dengan orang baru disebut baik menurut penelitian.

Dalam sebuah studi, peneliti mengambil individu secara acak saat mereka masuk dalam kedai kopi yang ramai di pusat kota Vancouver. 

Baca juga: Tips dan Untung Rugi Membeli Rumah Lewat Over Kredit

Para peneliti mengarahkan beberapa orang untuk mencoba melakukan percakapan dengan barista dan yang lainnya. 

Orang-orang tersebut kemudian berkata bahwa mereka meninggalkan kedai kopi dengan suasana hati yang lebih baik. 

Melansir NBC News, Sandstrom juga mengungkapkan bahwa mereka yang lebih introvert cenderung lebih khawatir tentang bagaimana percakapan akan berlanjut dibandingkan dengan orang-orang yang lebih ekstrovert.

Namun, kecenderungan-kecenderungan tersebut hilang setelah orang-orang melaporkan manfaat melakukan perbincangan dengan orang-orang asing. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X