Tembus 55 Negara, WHO Naikkan Tingkat Ancaman Virus Corona ke Level Tertinggi

Kompas.com - 29/02/2020, 14:57 WIB
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus Pada rapat tahunan Munich Security Conference di Jerman 15 Februari 2020. REUTERS/Andreas Gebert ANDREAS GEBERTDirektur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus Pada rapat tahunan Munich Security Conference di Jerman 15 Februari 2020. REUTERS/Andreas Gebert

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization ( WHO) pada Jumat (28/2/2020) telah menaikkan status risiko dari virus corona ke level tertinggi.

Hal tersebut lantaran virus corona telah menyebar secara cepat ke sejumlah negara.

Melansir AFP (29/2/2020), virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut telah menyebar ke-9 negara baru selama 24 jam terakhir.

Di antaranya adalah Azerbaijan, Meksiko, Selandia Baru dan mencapai Afrika sub-Sahara dengan Nigeria melaporkan kasus pertamanya.

Selain itu, pada Sabtu (29/2/2020), Korea Selatan melaporkan lonjakan jumlah kasus virus corona.

Melansir CNN (29/2/2020), kekhawatiran kemungkinan menjadi epidemik membuat Organisasi Kesehatan Dunia menaikkan waspada risikonya ke level tertinggi.

"Kami sekarang telah meningkatkan status tentang risiko penyebaran dan risiko dampak Covid-19 hingga 'sangat tinggi 'di tingkat global," kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan, Jumat (28/2/2020).

Baca juga: WHO: Risiko Penyebaran dan Dampak Covid-19 Sangat Tinggi Saat Ini

Pejabat Kesehatan AS pada Jumat (28/2/2020) melaporkan dua kasus baru virus corona yang ditransmisikan kepada orang-orang yang tidak bepergian ke luar negeri atau melakukan kontak dengan siapa pun yang diketahui sakit.

Hal tersebut mengindikasikan virus corona telah menyebar di negara itu.

Sementara, saat ini ada tiga kasus baru virus corona di Amerika Serikat, dengan satu di Oregon dan dua di California, di samping sekitar 60 infeksi lain di negara itu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X