70.000 Bioskop di China Ditutup akibat Wabah Virus Corona

Kompas.com - 24/01/2020, 20:41 WIB
Suasana bioskop IMAX di Wanda Cinema. WandaSuasana bioskop IMAX di Wanda Cinema.

KOMPAS.com - China menutup setidaknya 70.000 bioskop yang tersebar di wilayah China sebagai respons terhadap wabah virus corona.

Rantai bioskop ternama di negeri tirai bambu itu, seperti Wanda, Dadi, Lumiere Pavilions, dan CGV memutuskan untuk tutup.

Namun, untuk saat ini penutupan tidak secara nasional atau keseluruhan.

Dilansir dari Variety, tindakan tersebut dilakukan mulai hari ini, Jumat (24/1/2020).

Tindakan tersebut dinilai tegas lantaran sebanyak 26 orang tercatat meninggal dunia akibat wabah virus yang berawal dari Kota Wuhan, China.

Penutupan tersebut dilakukan sehari setelah distributor dan produser dari tujuh blockbuster besar yang akan diluncurkan mulai 25 Januari harus membatalkan rilis film mereka.

Diketahui, 25 Januari merupakan hari di mana masyarakat Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek.

Pihak distributor dan produser sangat menanti datangnya Imlek, sebab pada saat itu merupakan titik tertinggi komersial dari tahun industri sinema di China.

Lebih dari 1 miliar dollar AS atau sekitar 13,6 triliun (kurs Rp 13.600 per dollar AS) pendapatan box office yang umumnya diantisipasi mengalir dalam seminggu perayaan Tahun Baru Imlek.

Perayaan ini juga merupakan waktu puncak tahun untuk melakukan perjalanan internal di mana biasanya setengah penduduk China kembali ke kota asal mereka untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X