Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Kompas.com - 24/01/2020, 13:55 WIB
virus corona bbc.co.ukvirus corona

KOMPAS.com - Wabah virus corona pertama kali muncul di China. Dalam perkembangannya, virus jenis baru tersebut mulai menyebar luas.

Setidaknya empat negara di Asia Tenggara telah mengumumkan kasus positif virus corona.

Di Vietnam, dua orang asal "Negeri Panda" mendapat perawatan di rumah sakit setelah hasil tes menunjukkan mereka mengidap virus itu.

Sebelum ramai ditemukannya virus corona ini, China pernah digegerkan oleh SARS pada 2003-2004. Saat itu epidemi SARS disebabkan oleh kebiasaan orang China memakan musang.

Kasus pertama SARS di dunia tercatat di Guangdong pada November 2002. Hal itu sebagaimana diberitakan Harian Kompas, 3 Januari 2004.

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), SARS membunuh hampir 800 orang di dunia.

Tidak hanya itu saja, virus H5N1, flu burung juga muncul di China pada 1997. Pertama kali terdeteksi pada angsa di Cina dan bermutasi ke manusia dari unggas yang terinfeksi.

Baca juga: Virus Corona Terdeteksi di Singapura, Kemenkes Siagakan Termoscanner di 135 Pintu Negara

Pola hidup

Menurut catatan CDC, flu burung menewaskan sekitar 455 orang dari seluruh dunia.

Lantas mengapa sejumlah virus berbahaya muncul di China?

Konsultan infeksi RS Dr. Soetomo, Dr. dr. Dominicus Husada SpA.K. menjelaskan berbagai virus mematikan bisa muncul di China antara lain karena sejumlah hal.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X