Mengapa Tak Ada Lagi Bantal Gratis di KA Eksekutif? Ini Penjelasan PT KAI

Kompas.com - 06/01/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi bantal gratis di kereta kelas eksekutif Shutterstock.comIlustrasi bantal gratis di kereta kelas eksekutif

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia memberlakukan kebijakan baru per 1 Januari 2020, khususnya untuk perjalanan yang menggunakan kereta eksekutif.

Penumpang eksekutif yang biasa mendapatkan sebuah bantal kecil berwarna biru sejak awal perjalanan, kini tak lagi bisa menikmatinya secara gratis.

Fasilitas bantal gratis untuk penumpang kereta api kelas eksekutif sudah ditarik dan digantikan dengan bantal dengan ukuran lebih besar yang bisa didapatkan dengan menyewanya.

Bantal berwarna abu-abu sebagai ganti bantal biru kecil bisa didapatkan penumpang kereta eksekutif dengan membayar Rp 10.000.

Atas kebijakan ini, sejumlah konsumen mengaku kecewa dan menyatakan kekecewaan itu di Twitter.

Baca juga: Banjir Jakarta, PT KAI Pastikan Perjalanan Kereta Jarak Jauh Aman

Salah satunya akun @DyahTwindarti yang mempertanyakan mengapa fasilitas bantal untuk penumpang tidak ada lagi.

"Harga tiket kelas eksekutif itu mahal lho @KAI121, pemberian bantal/selimut itu servis sepele. Gitu kok ya dihapus, ujungujungnya entar paling diduitin/disewain, kelas BUMN kok gini. Apa karena BUMN/monopoli, seenak jidat gitu mainin harganya enggak mikirin servis?" tulisnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh akun lain @hennysus, dia mengaku bingung ketika tidak mendapati bantal yang biasa tersedia di masing-masing kursi penumpang kelas eksekutif.

Menanggapi pertanyaan yang diajukan konsumen, KAI melalui akun Twitter @kai121_ memberikan penjelasannya menanggapi pertanyaan sejenis yang datang dari @wahyzul.

Pihak KAI menyebutkan, tidak adanya fasilitas bantal karena tengah ada perbaikan desain kursi penumpang kereta eksekutif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X