Mengenal 7 Anak Cucu Pertamina, dari Urusi Asuransi hingga Perhotelan

Kompas.com - 16/12/2019, 08:06 WIB
Petugas Pertamina Hulu Energy sedang melakukan aktivitasnya. Dok Humas PerttaminaPetugas Pertamina Hulu Energy sedang melakukan aktivitasnya.

KOMPAS.com – Anak usaha PT Pertamina (Persero) saat ini tengah menjadi sorotan. Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir bahkan menyebut terdapat 142 anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero).

Erick pun meminta kepada para komisaris untuk memetakan bisnis anak cucu Pertamina guna mengetahui kondisi kesehatan setiap anak perusahaan.

Walaupun memiliki sejumlah anak usaha yang bergerak di sektor migas, Pertamina juga memiliki beberapa anak usaha yang bergerak di beberapa bidang di luar migas.

Lantas apa saja anak usaha Pertamina? Berikut ini diantaranya:

1. PT Pertamina Retail

Anak usaha dari Pertamina ini diketahui bergerak di bidang usaha retail produk Pertamina. 

Perusahaan ini didirikan tanggal 17 Juni 1997 dan awalnya memiliki nama PT Pertajaya Lubrindo yang bergerak pada bidang usaha pelumas.

Perubahan tersebut ditujukan untuk menghadapi perubahan pasar retail khususnya SPBU Indonesia menuju pasar bebas dunia.

Tujuan jangka panjang perusahaan ini adalah menjadi perusahaan ritel global yang berkelas dan memberikan nilai bisnis bahan bakar-non bahan bakar melalui produk dan jasa yang terintegrasi.

Melansir dari Kompas.com (13/12/2019), PT Pertamina Retail mengembangkan Bright Store & Cafe di seluruh SPBU COCO, SPBU DODO serta lokasi di luar area SPBU dengan konsep swakelola.

Melalui pengelolaan perusahaan ini Pertamina juga membuka usaha pencucian mobil dengan nama Bright Wash dan Bright Oil Mart yang melayani pnggantian Oli di sejumlah SPBU.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X