Disorot, Berikut 5 BUMN yang Produknya Berhasil Mendunia

Kompas.com - 12/12/2019, 16:17 WIB
PT Dirgantara Indonesia (DI) mengirimkan satu unit pesawat CN235-220 pesanan Nepalese Army (angkatan darat Nepal), Rabu (30/10/2019). KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANAPT Dirgantara Indonesia (DI) mengirimkan satu unit pesawat CN235-220 pesanan Nepalese Army (angkatan darat Nepal), Rabu (30/10/2019).

KOMPAS.com - Pemberitaan perihal Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) masih menjadi perhatian publik akhir-akhir ini.

Selain gebrakan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan "bersih-bersih" di perusahaan pelat merah tersebut, kasus penyelundupan motor Harley Davidson yang diduga dilakukan Dirut Garuda Ari Askhara turut menjadi pusat perhatian.

Meski masih ada perusahaan-perusahaan BUMN yang merugi dan tidak sesuai dengan core business-nya, namun perlu diketahui terdapat sejumlah perusahaan BUMN yang mencoba mendunia dengan sejumlah produknya.

Berikut 5 perusahaan BUMN yang produknya berhasil mendunia:

1. PT Barata Indonesia (Persero)

PT Barata Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang mengekspor komponen kereta api ke luar negeri, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sejauh ini, sebanyak 713 gerbong untuk kereta api pengangkut telah dikirimkan ke Amerika dan Kanada.

Sementara untuk ekspor Mexico, perseroan mendapatkan order sebanyak 75 gerbong.

PT Barata mengekspor produk di bawah naungan perusahaan Standard Car Truck Co di Illinois, AS. 

Manajer Divisi Industri PT Barata Indonesia (Persero) Hari Santosa mengungkapkan bahwa dalam kontrak kerja sama disebutkan harga satu gerbong yakni 5.000 dollar AS.

Dengan demikian, untuk keseluruhan gerbong yang dipesan untuk ekspor yakni 3,94 juta dollar AS atau sekitar Rp 55,311 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X