Kampus ITB Tak Lagi Hanya di Bandung

Kompas.com - 01/09/2019, 15:31 WIB
Master Plan Kampus ITB Cirebon di Arjawinangun Dok. DarmawanMaster Plan Kampus ITB Cirebon di Arjawinangun

KOMPAS.com – Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) nantinya tidak hanya berlokasi di Bandung dan Jatinangor, Sumedang saja, namun Institut yang didirikan pada 2 Maret 1959 tersebut juga akan mempunyai kampus di Bekasi dan Cirebon.

Untuk Cirebon sendiri akan dibangun di Arjawinangun. Saat ini konstruksi bangunannya akan segera dimulai.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui postingannya di Twitter pada Sabtu (31/8/2019).

“KAMPUS ITB di CIREBON konstruksi bangunannya akan segera dimulai. SDM Jabar hrs juara dlm menghadapi revolusi 4.0. Sesuai dgn visi Indonesia ke depan yaitu fokus pada human capital. Insya Allah kelak anak-anak muda Ciayumajakuning jadi pemenang & pemilik masa depan. #JabarJuara,” tulisnya dalam postingan Twitter-nya.

Saat dikofirmasi Kompas.com, Minggu (1/9/2019), Direktur Pengembangan ITB Sigit Darmawan mengatakan saat ini pihaknya telah menyusun dan menetapkan dokumen Master Plan yang akan dijadikan acuan pembangunan Kampus ITB Arjawinangun di Cirebon.

“Insya Allah, kami akan segera memulai membangun Kampus Cirebon Tahap I dengan menggunakan sumber Dana Hibah dari Pemprov Jabar,” ujarnya.

Baca juga: Untuk Kesekian Kalinya, ITB Raih Peringkat Pertama Klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia

Empat Program Studi

Darmawan menambahkan, ITB Kampus Arjawinangun di Kabupaten Cirebon Tahap I diharapkan sudah bisa digunakan untuk kegiatan akademik di Cirebon pada Agustus 2020.

Saat ini, ITB sudah memiliki mahasiswa dengan status sebagai mahasiswa ITB Kampus Cirebon sejak tahun akademik 2016/2017. Artinya, ITB sudah memiliki mahasiswa di kampus Cirebon sebanyak empat angkatan.

“Mereka pada saat ini masih berkegiatan akademik di Kampus Jatinangor,” ujarnya.

Adapun program studi yang saat ini sudah dibuka di ITB Kampus Cirebon ada empat, yakni: Kriya, Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kita, serta Teknik Geofisika.

“Keempat prodi ini yang diharapkan akan beroperasi pertama di Kampus Cirebon tahun depan,” terangnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X