Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Rempah-rempah yang Bisa Ditambahkan ke Kopi, Ada Jahe dan Kayu Manis

Biasanya, rempah-rempah yang dicampurkan dalam kopi berupa jahe, kayu manis, kapulaga, dan lainnya.

Dikutip dari Healthshots, rempah-rempah memiliki efek antimikroba, antiinflamasi, antibakteri, antijamur, dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Sehingga, apabila bahan-bahan dapur itu ditambahkan secara teratur dalam kopi, dapat membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kesehatan yang prima, dan meningkatkan cita rasa kopi.

Berikut rempah-rempah yang bisa ditambahkan ke kopi:

Hal tersebut lantaran, kayu manis dan kopi sama-sama mengandung antioksidan yang kuat.

Di mana, antioksidan dapat menjaga jantung dengan menstabilkan tekanan darah dan tidak membiarkan kadar kolesterol jahat meningkat.

Selain itu, kayu manis juga baik untuk meningkatkan suplai darah ke otak dan mencegah penyakit psikologis.

2. Jahe

Jahe dikenal dengan sifat antiinflamasinya yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, saat Anda mengalami cedera dan terjadi pembengkakan, kopi yang dibumbui jahe dapat meredakan pembengkakan tersebut.

Selain itu, kopi dengan jahe akan melancarkan pencernaan, meredakan rasa mual, dan meredakan nyeri otot.

3. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang mengandung senyawa bernama kurkumin. Senyawa ini sangat baik untuk mendukung kesehatan.

Saat Anda menambahkannya ke dalam kopi, campuran tersebut akan mempercepat pencernaan, mengurangi peradangan, dan mendetoksifikasi tubuh.

Selanjutnya, ada cengkih yang dapat menambahkan esensi manis pada kopi.

Tidak hanya itu, rempah-rempah ini juga dapat menjaga hati Anda tetap kuat, menurunkan tekanan darah, dan juga mengurangi risiko terkena sakit maag.

5. Kapulaga

Kapulaga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, rempah-rempah ini juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Kapulaga juga dapat membantu meningkatkan asupan oksigen.

Selain itu, rempah-rempah ini mungkin bermanfaat untuk mengatasi masalah termasuk gangguan pencernaan, gas, keasaman, dan sembelit.

Jika Anda mengalami sesak napas dan mengalami mual dan muntah, kapulaga dapat membantu.

6. Pala

Pala dalah rempah-rempah mengandung vitamin B6, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, kalium, mangan, dan mineral penting lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selain itu, pala juga dapat membantu mencegah masalah pencernaan, melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan bau mulut karena semua nutrisi tersebut. 

https://www.kompas.com/tren/read/2023/12/06/063000865/6-rempah-rempah-yang-bisa-ditambahkan-ke-kopi-ada-jahe-dan-kayu-manis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke