Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Warisan Budaya Dunia UNESCO di Indonesia, Terbaru Sumbu Filosofi

KOMPAS.com - Komite Warisan Dunia UNESCO di Riyadh, Arab Saudi, menetapkan sumbu filosofi Yogyakarta sebagai warisan budaya dunia, Senin (18/9/2023).

Sumbu filosofi Yogyakarta adalah konsep tata ruang sumbu imajiner berupa garis lurus yang ditarik dari Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Tugu Pal Putih (Tugu Golong-gilig).

Dilansir dari laman Kemendikbud, Sumbu Filosofi Yogyakarta berupa simbol dengan makna Hablum minallah dan Hablum minannas. serta manusia dengan alam.

Hablum minallah adalah keselarasan dan keseimbangan hubungan manusian dengan Tuhannya. Sementara Hablum minannas merupakan keterkaitan antara manusia dengan sesama manusia.

Penetapan sumbu filosofi Yogyakarta sebagai warisan budaya dunia dilakukan dalam Sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committe (WHC) Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO. 

Dalam daftar warisan dunia UNESCO, sumbu filosofi Yogyakarta tercatat dengan nama The Cosmological Axis of Yogyakarta and its Historic Landmarks.

”Kami menyampaikan terima kasih kepada UNESCO dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung upaya pelestarian sumbu filosofi sebagai warisan dunia yang memiliki nilai-nilai universal yang luhur bagi peradaban manusia di masa kini dan mendatang,” kata Raja Kraton Yogyakarta dan sekaligus Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, dilansir dari Harian Kompas, Selasa (19/9/2023).

Dikutip dari Kompas.id, sumbu filosofi atau kosmologis Yogyakarta merupakan sumbu imajiner yang terbentang sepanjang 6 kilometer dari utara ke selatan Yogyakarta.

Garisnya lurus ditarik dari Panggung Krapyak, Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Tugu Pal Putih atau Tugu Golong-gilig.

Sumbu tersebut melambangkan keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alam.

Disebutkan ada lima anasir pembentuknya adalah api (dahana) dari Gunung Merapi, tanah (bantala) dari bumi Ngayogyakarta dan air (tirta) dari Laut Selatan, angin (maruta), dan akasa (ether).


Daftar warisan budaya dunia UNESCO di Indonesia

Dilansir dari situs UNESCO, sumbu filosofi Yogyakarta bukan menjadi satu-satunya produk budaya Indonesia yang diakui dunia.

Sejumlah warisan budaya Indonesia juga tercatat telah lebih dulu diakui UNESCO. Berikut daftar warisan budaya dunia di Indonesia:

1. Kawasan Candi Borobudur

Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur ditetapkan menjadi warisan budaya dunia sejak 1991.

2. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo ditetapkan menjadi warisan budaya dunia sejak lokasi tersebut didirikan, yakni pada 1980. Lokasinya berada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo menjadi rumah bagi hewal kadal raksasa alias komodo yang berstatus hampir punah.

3. Kawasan Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Tempat ini ditetapkan menjadi warisan budaya dunia sejak 1996.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

UNESCO menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai situs warisan dunia pada 1 Februari 1992.

Situs ini berlokasi di Kecamatan Suur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

5. Situs Manusia Purba Sangiran

Situs Manusia Purba Sangiran merupakan sebuah museum yang berada di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen. Lokasinya tak begitu jauh dari Solo, hanya sekitar 17 km ke arah utara.

Museum ini menyimpan puluhan ribu fosil dari jaman pleistocen (lebih dari dua juta tahun yang lalu).

6. Taman Nasional Lorentz

Pada 1999, Taman Nasional Lorentz didaftarkans ebagai situs warisan dunia.

Lalu pada 2003, Taman Nasional Lorentz menjadi taman warisan ASEAN melalui ASEAN Declaration on Heritage Parks.

7. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Kawasan Hutan Hujan Tropis Sumatera diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada 2004.

Namun, Hutan Hujan Tropis Sumatera kini masuk ke dalam kategori warisan budaya yang terancam punah.

8. Lanskap Budaya Provinsi Bali: Sistem Subak 

Pada 29 Juni 2012, pengajuan Subak sebagai Situs Warisan Dunia disetujui dan ditetapkan oleh UNESCO dalam sidang ke-36 Komite Warisan Dunia UNESCO di Saint Petersburg, Rusia.

9. Tambang Batubara Ombilin Warisan Sawahlunto

Tambang Batubara Ombilin Warisan Sawahlunto menjadi bagian warisan budaya dunia di Indonesia sejak 2019.

Tempat ini merupakan situs tambang batu bara tertua di Asia Tenggara.

10. Sumbu Filosofi Yogyakarta

Sumbu Filosofi Yogyakarta resmi menambah panjang daftar warisan budaya dunia di Indonesia sejak 19 September 2023.

Penetapan itu dilakukan dalam Sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committe (WHC) di Riyadh, Arab Saudi.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/19/190000565/10-warisan-budaya-dunia-unesco-di-indonesia-terbaru-sumbu-filosofi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke