Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Penting bagi Anda yang Baru Memelihara Kucing

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang cukup populer, berkat penampilan dan tingkah lakunya yang menyenangkan.

Banyak orang yang memilih untuk memelihara hewan berbulu ini untuk dijadikan teman, atau untuk sekedar meramaikan rumah.

Namun, bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kucing mungkin masih bingung dengan bagaimana cara memperlakukan mereka dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk untuk sedikit mengetahui hal-hal berkaitan dengan memelihara kucing, sebelum membawa mereka ke rumah.

Tips pertama kali memelihara kucing

Dilansir Cats.com, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika baru pertama kali memelihara kucing:

1. Mengetahui kebutuhan makanannya

Kucing adalah hewan karnivora, sehingga mereka mendapatkan sebagian besar kebutuhan nutrisinya melalui protein hewani.

Penting untuk memilih makanan yang lengkap dan berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia dan gaya hidup mereka, karena kebutuhan nutrisi bervariasi sepanjang hidup.

Misalnya, anak kucing membutuhkan keseimbangan nutrisi yang sangat berbeda dari kucing dewasa.

2. Bijak memberi makanan basah dan kering

Memberi kucing dengan makan makanan basah atau makanan kering tentu memiliki kebaikannya tersendiri. Makanan kering lebih mudah disimpan dan lebih baik untuk kesehatan gigi.

Pakan basah sangat baik untuk menjaga hidrasi, tetapi jangan sampai Anda memberi kucing peliharaan dengan makanan basah sepanjang hari.

Sebagai catatan, jika Anda akan mengganti makanan kucing dengan makanan lain, ingatlah untuk melakukan transisi secara perlahan selama seminggu untuk membiasakan mereka.

3. Memilih mangkuk makanan dan air yang tepat

Kucing tidak suka air minumnya terlalu dekat dengan makanannya, jadi pisahkan area makanan dan air jika memungkinkan.

Sebaiknya mangkuk terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tidak bau. Selain itu, ukurannya harus cukup lebar sehingga kumis kucing Anda tidak menyentuh tepinya.

4. Sumber air minum

Kucing sangat baik dalam menghemat air, dan Anda mungkin sering melihat kucing Anda tidak terlalu banyak minum, terutama jika mereka mengonsumsi makanan basah.

Beberapa kucing lebih suka air mengalir, dan tempat minum air mancur akan lebih cocok daripada mangkuk air untuk kucing.

5. Menyediakan kandang kucing yang baik

Anda mungkin tidak harus sering menggunakannya, tetapi memiliki kotak kandang kucing yang baik akan berguna jika diperlukan saat dia sakit dan harus membawanya ke dokter hewan.

Itu juga akan bermanfaat ketika akan membawanya pergi. Selain itu, carrier juga harus mudah dibersihkan dan cukup luas untuk menempatkan kucing di dalamnya.

Dilansir Cat Friendly, berikut beberapa cara untuk membuat kucing Anda nyaman di rumah:

1. Interaksi sosial manusia

Preferensi individu kucing menentukan seberapa besar mereka menyukai interaksi sosialnya dengan manusia. Maka perlakukan mereka dengan baik dan lembut.

Interaksi tersebut bisa bermacam-macam, seperti mengelus, merawat, diajak bermain atau bicara, dan duduk atau berbaring di pangkuan seseorang.

2. Menyalurkan naluri predatornya

Perilaku atau naluri predator memungkinkan kucing memenuhi kebutuhan alaminya untuk berburu.

Anda bisa mengajaknya dengan bermain menggunakan mainan interaktif yang meniru atau berbentuk mangsa kucing.

Saat bermain, biarkan kucing sesekali menangkap "mangsanya" mainannya, untuk mencegah mereka merasa frustrasi.

3. Ciptakan lingkungan yang nyaman

Tidak seperti manusia, kucing menggunakan indra penciumannya untuk mengevaluasi lingkungannya. Pastikan untuk menyediakan lingkungan rumah yang nyaman.

Kucing menandai aromanya dengan menggosok wajah dan tubuhnya, yang meninggalkan feromon alami untuk menetapkan batasan yang membuat mereka merasa aman dan terlindungi.

Beberapa bau dapat mengancam kucing, misalnya aroma hewan asing atau produk pembersih beraroma.

Hal itu dapat menyebabkan perilaku bermasalah seperti buang air kecil di luar kotak pasir atau menggaruk di area yang tidak diinginkan.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/07/131500265/5-tips-penting-bagi-anda-yang-baru-memelihara-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke