Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Pokok Perbincangan Jokowi dengan Zelensky dan Putin

Perbincangan dilakukan melalui sambungan telepon dalam konteks Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 tahun 2022.

Dalam pernyataan terkait Presidensi G20 dari Istana Bogor, Jumat (29/4/2022), Jokowi menyampaikan poin-poin apa saja yang ia bicarakan dengan kedua presiden negara di Eropa timur tersebut.

1. Menolak permintaan bantuan senjata Ukraina

Jokowi berbincang dengan Zelensky pada Rabu (27/4/2022) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam perbincangan itu, Zelensky menyampaikan permintaan bantuan senjata kepada Indonesia untuk negaranya yang saat ini belum juga keluar dari konflik militer dengan Rusia.

Namun, Jokowi dengan tegas menolak permintaan tersebut.

"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri, Indonesia melarang pemberian persenjataan kepada negara lain," kata Jokowi.

2. Update situasi perang

Dari Zelensky, Jokowi mengaku mendapat informasi terkini terkait serangan-serangan militer yang berlangsung di berbagai titik di Ukraina.

Tak hanya dari Zelensky, update kondisi di Ukraina juga didapatkan Jokowi dari Putin saat keduanya berbincang pada Kamis (28/4/2022) pukul 19.00 WIB.

"Presiden Rusia memberikan update situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina," sebut Jokowi.

3. Siap beri bantuan kemanusiaan

Poin ini terkait dengan ditolaknya permintaan Ukraina akan bantuan persenjataan kepada Indonesia.

Tidak mengabulkan keinginan Zelensky, Jokowi justru menggarisbawahi Indonesia siap membantu, namun dalam hal lainnya, yakni dalam hal bantuan kemanusiaan.

Bantuan kemanusiaan misalnya pengiriman tenaga medis, pendirian rumah sakit, pengiriman logistik, dan sebagainya.

4. Siap berkontribusi untuk perdamaian

Baik kepada Ukraina maupun Rusia, Jokowi menyampaikan posisi Indonesia yang berdiri untuk mendukung terjadinya perdamaian antara kedua belah pihak.

"Saya sampaikan harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," demikian yang Jokowi sampaikan kepada Zelensky.

Hal yang sama juga dikatakan kepada Putin agar Rusia selalu mengedepankan perundingan dalam mencapai perdamaian.

5. Undangan KTT G20 bagi Zelensky

Masih melalui sambungan telepon itu, Jokowi menyampaikan undangan kepada Presiden Ukraina dan Presiden Rusia.

Undangan pada Rusia dapat dipahami mengingat Rusia sebagai salah satu negara anggota G20.

Sedangkan undangan kepada Ukraina yang bukan merupakan anggota G20 adalah dikarenakan alasan terkait pemulihan ekonomi global.

Bagi Indonesia, G20 berperan sebagai katalisator pemulihan ekonomi dunia yang saat ini terhambat oleh dua hal, yakni pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

"Maka dalam perbincangan pada telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir dalam KTT G20," kata Jokowi tanpa menyebutkan apakah Zelensky akan datang memenuhi undangan tersebut atau tidak.

6. Putin konfirmasi hadiri KTT G20

Terakhir, Jokowi juga menyampaikan bahwa dalam perbincangan yang ia jalin dengan Presiden Rusia kamis petang itu, Putin mengonfirmasi akan hadir dalam KTT G20 yang rencananya akan dihelat November 2022 nanti di Bali.

"Dalam kesempatan tersebut Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," pungkas Jokowi.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/30/180500465/6-pokok-perbincangan-jokowi-dengan-zelensky-dan-putin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke