Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melatih Tubuh Bangun Pagi

Sedangkan kaum early bird atau orang yang terbiasa tidur teratur, tak pernah memiliki kesulitan bangun dini hari untuk segera terjun dalam aktivitas rutin. 

Ketika Anda termasuk ke dalam golongan orang-orang yang susah bangun pagi, maka segera evaluasi apa yang membuat Anda tak bisa tidur malam dengan teratur.

Setelah penyebabnya diketahui, barulah ubah pola tidur atau kebiasaan istirahat Anda agar akhirnya bisa terbiasa terbangun pagi hari tanpa siksaan yang berarti.

Melansir dari Sleep Foundation, berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Mengidap gangguan tidur

Ada banyak gangguan tidur yang membuat beberapa orang tak bisa bangun teratur di pagi hari. Mulai dari insomnia, sleep apnea, hypersomnia dan narcolepsy.

Sleep apnea adalah gangguan tidur di mana di tengah tidur pulas seseorang akan mengalami henti napas selama beberapa saat.

Sedangkan hypersomnia adalah gangguan kebanyakan tidur, di mana seseorang bisa belasan jam tertidur pulas bahkan di waktu-waktu mereka seharusnya beraktivitas.

2. Gangguan ritme sirkadian

Gangguan ritme tidur-bangun sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari jet lag atau perubahan jadwal kerja dari siang ke malam atau sebaliknya.

Selain gangguan tidur dan gangguan ritme sirkadian, susah tidur malam dan susah bangun pagi juga bisa disebabkan karena stres, anxiety juga depresi.

Langkah melatih tubuh bangun pagi  

Setelah penyebab gangguan tidur malam sudah Anda ketahui, maka segera atasi dengan bantuan medis atau non medis.

Berikut ini, adalah beberapa cara alami yang bisa Anda praktikkan agar siklus tidur malam dan siklus bangun pagi Anda bisa berjalan lancar:

1. Biasakan pola tidur malam yang benar

Untuk membentuk pola tidur malam yang benar Anda harus melakukan beberapa rutinitas harian yang teratur.

Seperti mengatur waktu tidur malam di jam yang sama dan mentaatinya meski di hari libur sekalipun. 

Hindari pula menggunakan barang-barang elektronik di malam hari, mendekati waktu tidur Anda.

2. Menjauhkan alarm dari jangkauan tangan

Dengan memaksa tubuh bangkit, maka kantuk akan hilang karena Anda dipaksa untuk terjaga dan fokus.

3. Tidur dengan tirai terbuka

Jika Anda selalu susah bangun di pagi hari, Anda bisa membiasakan tidur dengan tirai jendela terbuka.

Dengan tirai terbuka, maka sinar mentari pagi bisa leluasa masuk dan menerpa wajah Anda. Paparan hangat sinar matahari ini bisa dengan otomatis membuat Anda terbangun.

Sinar matahari bisa menjadi alarm alam yang efektif, mengatur ritme sirkadian Anda dengan mengatakan bahwa ini sudah saatnya tubuh terbangun.

Selain tiga cara di atas, Anda bisa pula menggunakan bantuan kafein untuk bisa terjaga dan langsung bersemangat di pagi hari.

Anda tak perlu langsung menenggak kopi panas. Anda cukup menghirup aroma kopi yang ada dan otak akan langsung bisa bangun dan terjaga.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/07/213000565/cara-melatih-tubuh-bangun-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke