Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Link untuk Mengecek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) dijadwalkan akan mengumumkan hasil seleksi administrasi peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 pada Senin (2/8/2021).

Diketahui, jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2021 berlangsung selama 2 hari yakni 2-3 Agustus 2021.

Aturan itu tertuang dalam Surat Kepala BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2021.

Link mengecek hasil pengumuman administrasi CPNS 2021

Bagi peserta yang telah mengirim syarat pendaftaran administrasi CPNS 2021 dapat mengecek status kelulusannya di situs https://sscasn.bkn.go.id/.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan, link atau tautan untuk mengecek hasil pengumuman administrasi CPNS 2021 bisa melalui portal SSCASN dan di situs resmi instansi yang didaftar oleh peserta.

"Link yang dapat digunakan untuk mengecek pengumuman CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.ig juga di instansi," ujar Paryono saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Jam berapa pengumuman CPNS 2021

Lantaran masih berlangsung masa pengumuman administrasi, jika peserta belum mendapatkan hasilnya hari ini, maka ia bisa menunggu besok.

"Kalau belum ada hari ini, mungkin besok, karena pengumumannya sampai tanggal 3 Agustus 2021," lanjut dia.

Di sisi lain, Pranata Humas Madya BKN, Diah Eka Palupi mengimbau kepada seluruh instansi agar segera mengunggah pengumuman, jika berkas sudah selesai diverifikasi.

"Jika verifikasi semua berkas pelamar di instansi sudah selesai, diharapkan segera mem-publish," ujar Diah saat dihubungi terpisah oleh Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Terkait waktunya, Diah mengatakan, tidak ada jam spesifik untuk pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2021.

Oleh karena itu, pelamar diharapkan selalu memantau lgoin akunnya masing-masing ataupun pengumuman pada kanal-kanal informasi pada instansi yang dilamar.


Cara cek pengumuman hasil seleksi di laman SSCASN

  • Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/.
  • Klik menu "Login" yang ada di pojok kanan atas layar
  • Isi Nomor Induk Kepegawaian (NIK) dan password
  • Klik "Masuk"
  • Maka, akan muncul keterangan apakah Anda dinyatakan memenuhi syarat lulus seleksi adminitrasi atau tidak

Masa sanggah dan caranya

Peserta yang tidak memenuhi syarat lulus seleksi administrasi maka pada halaman Resume Pendaftaran akan tampil pemberitahuan sebagai berikut:

"Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar”.

Pemberitahuan itu juga disertai dengan penyebab pelamar berstatus tidak memenuhi syarat (TMS).

Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, maasih berhak untuk mengajukan masa sanggah dalam waktu 3 hari setelah pengumuman diumumkan.

Diketahui, sanggahan dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah, dalam hal ini sanggahan diberlakukan jika kesalahan bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar.

Periode masa sanggah yakni mulai 4-6 Agustus 2021.

"Fitur Ajukan Sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pelamar. Alasan Sanggah yang pelamar isi harus benar, realistis, tidak mengada-ada dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya," ujar Diah.

Jika pelamar sudah menyadari kesalahan, maka tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil verifikasi.

Selain itu, alasan sanggah harus sesuai dengan dokumen sebenarnya dan jika ternyata isian yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen, maka pelamar bersedia menanggung akibat hukuman yang ditimbulkannya.

Selain itu jika pelamar tidak melakukan sanggahan selama 3 hari dari tanggal pengumuman kelulusan, maka sanggahan selain dari sistem ini tidak akan diterima.


Peserta yang lulus administrasi

Sementara, bagi pelamar yang memenuhi syarat lulus administrasi akan muncul keterangan sebagai berikut:

"Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas".

Keterangan ini tercantum di bawah tombol "Cetak Kartu Pendaftaran CASN".

Apabila masa sanggah dan masa verifikasi sanggah belum berakhir maka akan terdapat Informasi:

“Saat ini pencetakan Kartu Peserta Ujian CASN Anda belum dapat dilakukan. Harap login kembali saat masa sanggah dan verifikasi sanggah berakhir untuk mencetak Kartu Peserta Ujian CASN 2021”.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/02/180500165/link-untuk-mengecek-pengumuman-hasil-seleksi-administrasi-cpns-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke