Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Horeeeee, Indonesia (Pernah) Ikut Piala Dunia

SUDAH lama saya menderita dukalara sanubari sangat menyedihkan akibat tim nasional Indonesia belum pernah ikut berlaga di gelanggang perebutan Piala Dunia sepakbola.

Selalu gagal

Entah kenapa Indonesia yang jagoan dalam menampar gabus berbulu bulu ayam dengan raket ternyata kurang jagoan dalam menendang atau menyundul bola bundar serrrr.

Mungkin akibat di dalam laga sepakbola para sepakbolawan tidak boleh menampar bola dengan tangan kecuali Diego Maradona.

Jauh-jauh hari saya sudah mempersiapkan diri untuk pada medio tahun 2022 terbang ke Doha untuk menyaksikan tim nasional sepakbola Indonesia ikut berlaga di gelanggang sepakbola memperebutkan Piala Dunia garapan FIFA.

Namun persiapan saya layu sebelum berkembang akibat nahas tak bisa ditolak lagi-lagi untuk kesekian-kali tim nasional sepakbola Indonesia sudah tersingkir akibat tersungkur pada babak prakualifikasi Piala Dunia 2022 pada medio 2021.

Namun dukalara sanubari saya langsung terobati setelah secara kebetulan menemukan sebuah berita gembira yang diberitakan kompas.com 29 Januari 2019 sebagai berikut.

Piala Dunia 1938

Induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) mengakui Indonesia sebagai wakil pertama Asia di Piala Dunia. Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi adalah negara-negara Asia yang sudah sering mentas di pesta sepak bola sejagat itu.

Kendati ketiga tim tersebut paling sering muncul di Piala Dunia, rupanya FIFA mengakui bahwa wakil pertama dari benua Asia adalah Indonesia. Hal itu terungkap dalam sebuah sesi tanya jawab di media sosial Twitter.

"Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia? Hindia Belanda, dikenal saat ini dengan Indonesia, tampil dalam edisi 1938 di Perancis," demikian isi kicauan FIFA seperti dikutip Bolasport.com.

Indonesia berada di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda) saat tampil di Piala Dunia 1938.

Kelolosan Hindia Belanda ke putaran final bak sebuah hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang.

Asia memang diberikan jatah satu tempat dan hanya dua tim yang memperebutkannya saat itu. Hindia Belanda pun langsung tereleminasi setelah takluk 0-6 dari Hongaria pada partai perdana.

Dengan mengesampingkan kekalahan telak digunduli Hungaria serta nama Indonesia masih Dutch East Indies, sanubari terasa bahagia banget karena ternyata pada 1938, tim nasional Indonesia sudah ikut berlaga di gelanggang perebutan Piala Dunia. Horeeeee!

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/13/100247165/horeeeee-indonesia-pernah-ikut-piala-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke