Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] PPKM Darurat Diperpanjang hingga Tahun Baru

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akan diperpanjang hingga tahun baru.

Dari konfirmasi Kompas.com, info tersebut adalah hoaks. Satgas Penanganan Covid-19 menyebut sejauh ini PPKM Darurat masih akan diberlakukan hingga 20 Juli 2021 sesuai rencana awal.

Narasi yang beredar

Di media sosial terdapat informasi terkait perpanjangan PPKM Darurat, salah satunya menyebut akan diperpanjang hingga tahun baru, atau 2022.

Informasi itu disebarkan oleh akun Facebook Raden sanjaya, pada Minggu (11/7/2021).

Berikut adalah narasi yang ia tuliskan:

"ppKM darurat diperpanjang saMpek tahun baru gays ... Mateh laa mateh," tulis dia.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19, Hery Triyatno menyatakan apa yang tertulis dalam Facebook Raden Sanjaya itu tidak benar.

"Sejauh ini untuk (PPKM Darurat) Jawa-Bali berlaku sampai 20 Juli. Kami sedang bekerja keras untuk mengurangi mobilitas sehingga penularan bisa ditekan," kata Hery saat dihubungi Senin (12/7/2021).

Ia menjelaskan, ada sejumlah indikator yang harus dilihat sebelum keputusan untuk menghentikan atau memperpanjang kebijakan PPKM Darurat diambil.

Hery menyebutkan setidaknya ada 3 indikator utama.

"Ya, indikator utamanya penularan hariannya turun, di samping ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Yang jauh lebih penting adalah terselesaikannya masalah di hulu, yakni perubahan perilaku masyarakat dalam menjalankan prokes," jelas dia.

Apabila ketiga hal itu tidak tercapai, maka penanganan pandemi sulit dilakukan dan kebijakan pembatasan mungkin saja akan diperpanjang atau dievaluasi untuk diperbaiki dengan bentuk kebijakan yang lain.

Karena itu pihaknya menegaskan, belum ada keputusan yang diambil oleh Pemerintah maupun badan terkait berkenaan dengan PPKM Darurat Jawa-Bali.

"Betul (itu hoaks), (belum ada keputusan lebih lanjut) makanya semua pihak harus terlibat (dalam upaya menekan kasus)

Kesimpulan

Informasi yang menyebut PPKM Darurat Jawa-Bali akan diperpanjang hingga tahun baru atau 2022 adalah informasi tidak berdasar atau hoaks. 

Satgas Penanganan Covid-19 memastikan, hingga saat ini rencana pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali hanya sampai 20 Juli 2021 dan belum diputuskan apakah akan diperpanjang atau dihentikan.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/12/183000265/-hoaks-ppkm-darurat-diperpanjang-hingga-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke