Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan yang Tinggi Vitamin D, Bisa untuk Daya Tahan Tubuh

KOMPAS.com – Tubuh bisa memperoleh asupan vitamin D melalui sinar matahari, namun nutrisi ini juga secara alami terdapat dalam banyak makanan.

Office of Dietary Supplements (ODS), mengatakan bahwa manfaat utama vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf. Selain itu, vitamin D juga berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi orang dengan pola makan vegetarian, mungkin akan kesulitan mendapatkan vitamin D dari makanan karena nutrisi ini ada dalam produk hewani.

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, berikut ini adalah 5 makanan yang tinggi vitamin D:

1. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan ikan berlemak dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Dalam 100 gram ikan salmon, terdapat 526 IU vitamin D atau setara dengan 66 persen dari kebutuhan harian orang dewasa.

Sementara itu, salmon liar memiliki kandungan vitamin D yang jauh lebih tinggi, yakni 988 hingga 1.300 IU atau 124 persen dari kebutuhan harian.

2. Ikan sarden

Jika harga ikan salmon terlalu mahal, masih ada ikan sarden yang juga termasuk makanan yang tinggi vitamin D.

Sebanyak 3,8 ons ikan sarden kalengan menawarkan 177 IU vitamin D atau 22 persen dari kebutuhan harian.

3. Minyak hati ikan cod

Minyak hati ikan cod adalah salah satu suplemen yang sangat populer. Jika tidak terlalu gemar makan ikan, minyak hati ikan cod adalah alternatif tepat untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D.

Dalam satu sendok teh minyak hati ikan cod, terdapat 488 IU vitamin D. Selain tinggi vitamin D, minyak ikan cod juga menawarkan vitamin A dalam jumlah yang melimpah.

4. Tuna kalengan

Bosan dengan ikan sarden kalengan? Cobalah mengonsumsi ikan tuna kalengan yang juga kaya akan vitamin D.

Dalam 100 gram ikan tuna kalengan, terdapat 268 IU vitamin D atau sekitar 34 persen dari kebutuhan harian. Selain bergizi, ikan tuna kalengan juga sangat nikmat dan praktis untuk disantap.

5. Kuning telur

Selain ikan, telur juga termasuk makanan yang tinggi vitamin D, terutama bagian kuning telurnya yang ternyata sangat bergizi.

Sebagian protein dalam telur terdapat pada bagian putihnya, sedangkan kandungan lemak, vitamin, dan mineral tersimpan di dalam kuning telur.

Sumber: KOMPAS.com (Lulu Lukyani)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/10/081500865/5-makanan-yang-tinggi-vitamin-d-bisa-untuk-daya-tahan-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke