Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tagihan Air Melonjak? Ini Cara Cek Kebocoran Pipa Air di Rumah

Padahal, jika dihitung, penggunaan air tak ada peningkatan atau dalam batas wajar penggunaan.

Apa penyebabnya? Apa yang harus dilakukan jika mengalami hal ini.

Melalui akun Twitter @PDAMSurabaya, PDAM Surya Sembada Surabaya, menyebutkan, jika hal itu terjadi, kemungkinan besar ada kebocoran pada instalasi pipa air yang tidak terlihat.

Hal ini menyebabkan air tetap mengalir meskipun keran air sudah ditutup.

Bagaimana cara mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak?

Cara mengecek kebocoran

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek kebocoran pipa air yang dibagikan oleh PDAM Surya Sembada Surabaya.

Kemudian, perhatikan meteran air dan catat angka pemakaian terakhir. Catat seluruh angka secara lengkap.

Biarkan seluruh keran tertutup selama kurang lebih satu jam.

Setelah satu jam, perhatikan kembali meter air dan catat kembali angka pemakaian. Jika angka yang tertera di meter lebih besar, maka dapat diidentifikasi bahwa sambungan pipa air mengalami kebocoran.

Kebocoran pipa air sering terjadi karena pelampung di dalam tandon sudah rusak/tidak berfungsi sehingga pemakaian air menjadi tinggi.

Perbaikan adalah tanggung jawab pelanggan

Manajer Senior Kelola Pemakaian Air PDAM Surya Sembada Surabaya, Sayid Mochammad Iqbal Alattas, mengatakan, cara terakhir untuk memastikan ada kebocoran atau tidak adalah dengan mengecek stop keran air.

"Pastikan stop keran airnya tidak dol (rusak), karena yang paling jelas terlihat ada kebocoran atau tidak bisa dilihat dari stop keran airnya," kata Iqbal saat dihubungi Kompas.com (15/6/2020).

Jika terjadi kerusakan, perbaikan kebocoran instalasi sambungan air yang terjadi di rumah merupakan tanggung jawab pelanggan.

"PDAM itu seperti PLN. Jadi tanggung jawab PDAM itu sampai di batas meter. Kalau titik kebocoran teridentifikasi sebelum meter, maka itu menjadi tanggung jawab PDAM dan pelanggan tidak dikenakan biaya apa pun. Tetapi kalau kebocoran teridentifikasi ada pada instalasi sambungan pipa setelah meteran, maka itu sudah termasuk wilayah pelanggan," kata Iqbal 

Jika kebocoran pipa air terjadi di wilayah pelanggan, maka PDAM tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan.

Namun, mencoba membantu masyarakat untuk mengidentifikasi adanya kebocoran dengan membagikan langkah-langkah pengecekan tersebut.

Selain permasalahan kebocoran pipa, salah satu permasalahan lain yang juga kerap dialami pelanggan PDAM adalah warna air yang keluar tidak berwarna bening atau keruh.

Menurut Iqbal, hal ini bisa terjadi karena adanya perbaikan pipa air.

"Mungkin di sekitar ada perbaikan pipa, setelah proses perbaikan pipa selesai air terkadang tidang langsung bening," kata Iqbal.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/15/133323865/tagihan-air-melonjak-ini-cara-cek-kebocoran-pipa-air-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke