Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Glenn Fredly dan Kisah di Balik Lagu "Januari"

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Glenn Fredly (44) dikabarkan meninggal dunia pada Rabu malam (8/4/2020).

Kepastian meninggalnya Glenn diberitahukan oleh musisi Tompi.

"Telah berpulang saudara kami, Glenn friedly, malam ini. Mhn dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua," tulis Tompi melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Rabu.

Menurut Tompi yang juga rekannya dalam Trio Lestari, Glenn meninggal pada Rabu sekitar pukul 18.00 WIB.

"Meninggal tadi jam 6-an di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati," kata Tompi.

Glenn disebut meninggal karena radang selaput otak, namun sejauh ini belum konfirmasi dari pihak keluarga tentang sakit yang diderita Glenn.

Selama berkarier sebagai penyanyi, Glenn Fredly dikenal sebagai penyanyi yang populer dengan single Januari.

Lagu yang menggambarkan kepedihan hati seorang laki-laki karena harus berpisah dengan kekasihnya tersebut diyakini terinspirasi kisah kehidupan Glenn yang sesungguhnya.

Kisah lagu Januari

Dikutip dari Harian Kompas, (19/4/2005) saat masih dalam masa promosi album keduanya, tepatnya pada bulan Januari 2002, datanglah cerita sedih itu.

Kisah cinta Glenn dengan sesama penyanyi dari sebuah grup vokal yang juga sedang populer waktu itu tiba-tiba harus putus setelah dijalin selama delapan tahun lebih.

"Glenn benar-benar hancur waktu itu...," kenang seorang teman terdekatnya.

Namun, ternyata di balik perpisahan itu, ada sebuah rencana lain baginya.

Kesedihan hati karena harus berpisah dengan kekasih justru menjadi lautan inspirasi baginya untuk menciptakan karya-karya terbaiknya.

Populer

Tiga lagu paling populer dari album Selamat Pagi Dunia, yakni Januari, Sekali Ini Saja, dan Sedih Tak Berujung (dalam versi album kemas ulang), berlatar belakang suasana putus cinta yang tampil dengan sangat menyentuh.

"Saya tidak pernah berpikir Januari atau lagu- lagu lainnya itu sebagai masterpiece, karya terbaik saya. Saya hanya menuruti isi hati saya saja dan menuangkannya dalam bentuk lagu, tidak lebih," ujarnya.

Menyimak kembali perjalanan hidup Glen Fredly, ada kutipan menarik yang ditulisnya sendiri di website pribadinya, www.glennfredly.com: 

"Apa yang tercipta merupakan jawaban dari putaran waktu yang Tuhan telah sediakan buat G... emosi, ego, luapan tawa, tetes air mata, impian, semua lebur jadi satu, menjadi sebuah pengakuan yang penuh arti buat perjalanan hidup. Selama jalan Glenn Fredly.. 

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/08/203852365/glenn-fredly-dan-kisah-di-balik-lagu-januari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke