Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo

Kompas.com - 11/04/2023, 09:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara umum, pengertian sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau.

Kejadian-kejadian tersebut masih berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia.

Namun, sejumlah ahli dan sejarawan juga mengungkapkan pengertian sejarah menurut versi mereka masing-masing.

Lantas, apa pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo?

Baca juga: Kuntowijoyo, Sejarawan dan Tokoh Muhammadiyah

Sejarah menurut Kuntowijoyo

Kuntowijoyo adalah seorang pakar dalam bidang sejarah, sehingga ia dijuluki sebagai bapak sejarah Indonesia.

Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo adalah suatu hal atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu yang direkonstruksi atau membangun kembali kejadian masa lampau untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang.

Selain itu, Kuntowijoyo juga menjelaskan bahwa sejarah adalah sebuah ilmu yang menyajikan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.

  • Diakronis: berarti memanjang dalam waktu, tetapi terbatas dalam ruang. Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
  • Ideografis: berarti menceritakan, memaparkan ke dalam sebuah tulisan. Adapun sejarah bersifat ideografis karena memiliki karakteristik menceritakan dan menggambarkan sebuah peristiwa pada masa lampau.
  • Unik: berarti sebuah peristiwa hanya kejadian satu kali dan tidak terulang.
  • Empiris: berarti sebuah peristiwa yang terjadi berdasarkan kejadian nyata yang pernah dialami. Hal ini berarti sejarah bersifat empiris karena berdasarkan peristiwa dan kejadian masa lampau yang pernah terjadi dan didukung dengan bukti-bukti serta fakta sejarah.

Baca juga: Tahap Penelitian Sejarah Menurut Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo, sudah seharusnya sebuah sejarah dibedah secara kritis dengan cara analisa filsafat, memahami sejarah secara filosofis yang mampu menjadikan fakta-fakta historis sebagai alat penunjuk manusia dalam menghadapi kehidupan di masa depan.

Fakta-fakta sejarah tersebut kemudian direkonstruksi sedemikian rupa untuk dikontekstualisasikan ke dalam kehidupan masa sekarang.

Semasa hidup, Kuntowijoyo memang banyak belajar tentang sejarah serta melakukan penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dan evaluasi data.

Menurut Kuntowijoyo, ada lima langkah dalam melakukan penelitian sejarah, yaitu:

  1. Pemilihan topik
  2. Heuristik (pengumpulan sumber)
  3. Verifikasi (kritik sejarah)
  4. Interpretasi
  5. Historiografi (penulisan)

 

Referensi:

  • Badar, Muhamad Zainul. (2015). Pemikiran Sejarah Kuntowijoyo dalam Kajian Filsafat Sejarah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com