Sejak Kapan Presiden Dipilih Langung oleh Rakyat?

Kompas.com - 05/10/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Pemilihan umum atau pemilu pertama kali diadakan di Indonesia pada 1955, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1953 tentang Pemilihan Anggota Konstituante dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Namun, kala itu, pemilihan presiden dan wakil presiden masih ditentukan berdasarkan hasil Sidang Umum MPRS.

Pada masa awal pemilu dilaksanakan, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia memang masih belum ditentukan berdasarkan hasil suara warga negara Indonesia. 

Lalu, sejak kapan presiden dipilih langsung oleh rakyat?

Baca juga: 6 Asas Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia

Sejak pemilu 2004

Presiden dipilih langsung oleh rakyat sejak Pemilu 2004.

Pemilu 2004 dilaksanakan pada 5 April 2004 untuk pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD, sedangkan pemilihan Presiden Indonesia dilakukan tanggal 5 Juli 2004.

Adapun perubahan model pemilihan presiden Indonesia didasari oleh hasil Amandemen UUD 1945.

Di dalam amandemen tersebut disebutkan adanya pergeseran model pengisian jabatan presiden dan wakil presiden, yang sebelumnya dilakukan oleh MPRS menjadi pemilihan langsung oleh rakyat (pilpres).

Sebagaimana diatur dalam Pasal 6A Ayat (1), "Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat."

Alasan diselenggarakannya pilpres atau pemilihan langsung oleh rakyat adalah:

  • Presiden yang terpilih akan memiliki mandat dan legitimasi sangat kuat karena didukung oleh suara rakyat yang memberikan suaranya secara langsung.
  • Presiden yang terpilih tidak terkait pada konsesi partai-partai atau faksi-faksi politik yang telah memilihnya. Artinya, presiden terpilih ada di atas semua kepentingan dan menjembatani berbagai kepentingan tersebut.
  • Sistem ini dipandang lebih accountable dibandingkan dengan sistem sebelumnya, di mana rakyat tidak harus menitipkan suaranya melalui MPR.
  • Kriteria calon presiden akan dinilai langsung oleh rakyat.

Baca juga: Sejarah Terbentuknya DPR RI

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.