Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Belakang Pecahnya Vietnam

Kompas.com - 06/01/2022, 08:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 21 Juli 1954, disepakati Perjanjian Jenewa yang isinya memecah Vietnam menjadi dua bagian, yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Vietnam Utara dipimpin oleh Ho Chi Minh dengan ibu kota di Hanoi, sementara Vietnam Selatan dikuasai Kaisar Bao Dai dan PM Ngo Dinh Diem dengan ibu kota di Saigon.

Latar belakang pecahnya Vietnam tidak lepas dari kehadiran Prancis sejak pertengahan abad ke-18, yang kemudian menanamkan kekuasannya.

Berikut ini latar belakang terpecahnya Vietnam menjadi dua.

Baca juga: Bersatunya Vietnam Utara dan Selatan

Perang Prancis-Vietnam

Sejak 1840-an, Vietnam berhasil dikuasai oleh Prancis setelah melakukan serangkaian perang kolonial di Indochina.

Ekspansi kekuasaan Prancis sendiri terdorong dari adanya keinginan untuk menyaingi Inggris dan kebutuhan mereka akan hasil bumi, seperti rempah-rempah untuk menggerakkan industrinya.

Selama Prancis berkuasa, rakyat Vietnam tidak tinggal diam. Beberapa pemberontakan pun dilancarkan oleh para kelompok nasionalis, tetapi gagal.

Tahun 1919, ketika Perjanjian Versailles sedang dirundingkan, Ho Chi Minh, seorang tokoh revolusi dan negarawan Vietnam, meminta untuk membuat perundingan kemerdekaan atas Vietnam.

Sayangnya, permintaan tersebut ditolak, sehingga Vietnam masih terus menjadi negara jajahan Prancis.

Pada 1941, Ho Chi Minh mendirikan Viet Minh, sebuah liga yang terdiri dari para nasionalis dan kelompok komunis yang mendukung kemerdekaan Vietnam, guna menggempur kekuasaan Prancis di negaranya.

Baca juga: Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam

Setelah perlawanan panjang, pasukan Viet Minh yang dipimpin oleh Ho Chi Minh dan Vo Nguyen Giap, mengklaim kemenangan setelah pasukan Jepang dan Prancis Vichy menyerah di Vietnam bagian utara pada 15 Agustus 1945.

Pada 2 September 1945, Ho Chi Minh mendeklarasikan kemerdekaan Republik Demokrasi Vietnam, di mana ia menjabat sebagai presiden pertama.

Namun, karena Prancis kembali datang ke Vietnam pada tahun berikutnya, akhirnya meletus Perang Indochina Pertama atau Perang Prancis-Vietnam pada 19 Desember 1946.

Terpecahnya Vietnam

Selama berperang, Viet Minh terus menguasai wilayah utara. Untuk melemahkan pengaruhnya, pada 1948, Prancis mengangkat kembali Bao Dai sebagai Kaisar Vietnam.

Pada Maret 1949, Kaisar Bao Dai dan Presiden Prancis Vincent Auriol sepakat bahwa Vietnam merupakan negara bagian Uni Prancis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com