Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[VIDEO] Kisah Pak Dadang, Diblokir di Chess.com Usai Kalahkan Gamer Catur Dunia

Kompas.com - 06/03/2021, 07:44 WIB
Amir Sodikin

Editor

KOMPAS.com - Nama Pak Dadang yang punya nama lengkap Dadang Subur viral. Penyebabnya, akun pria paruh baya ini diblokir pihak chess.com, situs permainan catur daring. 

Latar belakang pemblokiran ini didahului dengan kemenangan Pak Dadang melawan pecatur online dunia, Levi Rozman atau yang lebih dikenal sebagai "GothamChess". Levi ini seorang Youtuber ternama juga yang punya penghasilan sebagai seorang gamer. 

Anak Pak Dadang, Ali Akbar, sempat menduga pemblokiran akun ayahnya karena fans GothamChess yang me-report ramai-ramai akun Dewa_Kipas. 

Baca juga: Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia di Chess.com yang Kalahkan Gamer Catur Dunia

Netizen Indonesia pun meradang. Balik menyerang Gothamchess dan para penggemarnya. Ali berusaha menenangkan netizen Indonesia setelah sebelumnya pihak Gothamchess secara pribadi mengontak Ali untuk permintaan maaf.

Seru.....di luar soal banyak caci-maki akibat perang antarpendukung, kasus ini semakin mengangkat dua nama yaitu chess.com sendiri sebagai penyedia layanan catur online dan juga permainan catur sendiri di mata netizen Indonesia.

Baca juga: GM Catur Indonesia Siap Wujudkan Mimpi Dewa Kipas alias Dadang Subur

Namun, publik tetap bertanya-tanya mengapa akun Pak Dadang diblokir chess.com?  Sampai sekarang, chess.com tak bisa memberi jawaban pasti dan ini berarti masih menyisakan tanda tanya dari sisi netizen Indonesia.

Baca juga: Alasan di Balik Pemblokiran Akun Pak Dadang Dewa Kipas oleh Chess.com

Sebagai catatan tambahan, Pak Dadang ini baru tiga pekan mencoba chess.com. Dia memang pecatur yang sudah berkali-kali memenangkan beberapa kali juara tingkat regional.

Tapi, di dunia catur online, dia masih newbie dan gaptek. Karena itu, tuduhan curang dari chess.com dan para penggemar Gothamchess memang tak berdasar menurut Ali.

Bagaimana sebenarnya kisah Pak Dadang hanya dengan ponsel biasa bisa sampai memenangkan banyak pertandingan melawan para pecatur dunia? Simak videonya di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com