Kompas.com - 05/03/2021, 13:59 WIB
Pertarungan GM Susanto Megaranto dan GM Mark Paragua asal Filipina (meja kanan), pada babak ke-delapan Kejuaraan Zonal 3.3 Asia di Tagaytay, Senin (28/1/2013), memakam waktu hampir tujuh jam. Susanto menang dan menjaga peluangnya untuk memperoleh tiket ke Piala Dunia 2013. 

KOMPAS/MAHDI MUHAMMADPertarungan GM Susanto Megaranto dan GM Mark Paragua asal Filipina (meja kanan), pada babak ke-delapan Kejuaraan Zonal 3.3 Asia di Tagaytay, Senin (28/1/2013), memakam waktu hampir tujuh jam. Susanto menang dan menjaga peluangnya untuk memperoleh tiket ke Piala Dunia 2013.

KOMPAS.com - Grand Master (GM) Catur Indonesia, Susanto Megaranto, menerima tantangan dari pemilik akun Dewa Kipas di aplikasi Chess.com, Dadang Subur.

Nama Dewa Kipas sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial lantaran akun tersebut diblokir.

Alasan pemblokiran karena Dadang Subur dianggap curang ketika berhasil mengalahkan seorang gamer catur profesional sekaligus YouTuber bernama Levy Rozman, atau biasa dikenal sebagai "GothamChess".

Tak terima kalah, Levy Rozman kemudian mengajak warganet sekaligus penggemarnya melaporkan akun Dewa Kipas hingga akhirnya diblokir.

Baca juga: Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia di Chess.com yang Kalahkan Gamer Catur Dunia

Cerita pemblokiran akun milik Dadang ditulis Ali di akun Facebook miliknya yang kemudian viral. Bahkan, cerita tersebut juga dibahas di forum Reddit hingga sampai ke telinga GothamChess dan menjadi perbincangan di dunia maya.

Terkini, Ali Akbar, anak dari Dadang Subur, tidak mempermasalahkan pemblokiran akun Dewa Kipas.

Hanya saja, dia ingin mewujudkan mimpi dari ayahnya untuk bisa bermain dengan GM catur Indonesia.

"Salah satu tujuan awal (main Chess.com) belum terwujud, yaitu bertemu dengan pemain terkenal Indonesia, seperti Susanto Megaranto atau Sean Winshand," ungkap Ali.

Baca juga: Kronologi Pak Dadang Dewa Kipas Diblokir Chess.com Setelah Menang Catur Lawan GothamChess

Kompas.com kemudian mencoba menghubungi salah satu GM Susanto Megaranto untuk mewujudkan mimpi tersebut.

GM Susanto Megaranto bersedia untuk bermain catur melawan Dadang Subur baik secara online maupun offline.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.