Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Alasan Kurniawan DY dan Sabah FA Senang Ikut Piala Gubernur Jatim 2020

Kompas.com - 16/02/2020, 15:40 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sabah FA mengucapkan banyak terimakasih kepada Asprov PSSI Jatim yang mengundang mereka mengikuti Piala Gubernur Jatim 2020.

Hal itu disampaikan oleh Pelatih Sabah FA, Kurniawan Dwi Yulianto. Bahkan, ia menyampaikan berkat mengikuti Piala Gubernur Jatim 2020, tim pelatih bisa mengukur kekuatan dan kelemahan timnya selama melakukan pramusim di Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Asprov Jatim yang sudah mengundang kami. Terus terang ini menjadi pre season luar biasa buat kami. Banyak manfaatnya, karena kami bisa mengukur kekuatan tim ini dan yang paling penting memberikan kesempatan pemain kami untuk merumput," kata Kurniawan.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim, Persebaya Vs Arema, Persija Vs Madura United

Kurniawan menyebut keikutsertaan Sabah FA di Piala Gubernur Jatim sangat bagus untuk persiapan para personelnya yang rata-rata pemain muda.

Mantan bomber tajam Timnas Indonesia itu menganggap tekanan dan atmosfer pertandingan dapat melatih mental para pemain Sabah FA sebelum Liga Malaysia bergulir.

"Kami bisa kasih kesempatan pada pemain yang rata-rata pemain muda. Biar mereka terbiasa menghadapi tim yang kualitasnya di atas. Tentunya, banyak faktor tetapi yang paling penting adalah mental bertanding pemain yang meningkat," jelasnya.

Di sisi lain, pengalaman menghadapi tim-tim Indonesia yang cenderung bermain agresif juga dianggap sebagai pengalaman berharga bagi Sabah FA.

Baca juga: Hasil Persela Vs Sabah FA, Laga Tak Menentukan Berakhir Imbang

Ia menilai anak asuhnya tidak akan kesulitan ketika menghadapi tim Malaysia yang punya tipikal bermain agresif.

"Pasti berpengaruh, karena selama ini pemain kami tidak pernah menghadapi lawan yang bermain agresif. Hanya beberapa tim saja di Malaysia yang bermain agresif," terang eks asisten pelatih timnas Indonesia itu.

"Tentu ini menjadi modal berharga. Akan kami perbaiki sebelum Liga Malaysia bergulir dan kita tidak akan kesulitan melawan tim yang bermain agresif di liga nanti," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com